Bagus Susetyo Berikan Pendidikan Politik untuk Siswa

Bagus Susetyo Berikan Pendidikan Politik untuk Siswa

Para siswa SMAN 5 Balikpapan tampak begitu antusias mengikuti sosialisasi wasbang. Usai acara, mereka berpose dengan wajah ceria.

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) menjadi salah agenda anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) turun ke masyarakat. Hal ini pula yang dilakukan Ketua Fraksi Partai Gerinda DPRD Kaltim Bagus Susetyo.

Ia melakukan sosialisasi wasbang di hadapan ratusan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Balikpapan, Jumat (4/11/2022). Dalam sosialisasi tersebut, anggota DPRD asal daerah pemilihan Kota Balikpapan ini didampingi narasumber Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (RI) Provinsi Kaltim Kusharyanto, Kepala SMA Negeri 5 Balikpapan Imam Seger Suja’i, dengan moderator Pujangga Assari.

“Kita mengingatkan kembali kepada para siswa tentang pentingnya Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhineka Tunggal Ika,” kata Bagus Susetyo kepada awak media, usai kegiatan.

Selain itu, kata Bagus, pihaknya juga menjelaskan, tentang pendidikan politik kepada para siswa. “Kita juga berusaha memberikan pendidikan politik kepada para siswa sebab mereka merupakan harapan bangsa yang perlu diberikan sosialisasi tentang tugas-tugas dan fungsi kedewanan yakni. Pertama fungsi legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Kedua fungsi anggaran, seperti kewenangan dalam APBD dan ketiga fungsi pengawasan atau kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah,” terangnya.

Ke depan, Bagus berharap para siswa ini ikut terlibat dalam pesta demokrasi atau pemilihan umum (Pemilu) untuk memilih Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD, Gubernur serta bupati dan wali Kota.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kaltim Kusharyanto selaku narasumber berharap para siswa SMAN 5 Balikpapan bisa melakukan bela negara atau bela bangsa, di antaranya bagaimana mengawal implementasikan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari.

“Di dalam pembukaan konstitusi kita menjelaskan menyejahterakan itu adalah melindungi atau bentuk layanan publik. Jadi kalau ada gap antara konsep mencerdaskan, melindungi dan menyejahterakan itu para siswa ini juga bisa menyampaikan aspirasi berupa keluhan dan laporan kepada Ombudsman,” kata Kusharyanto.

Hal senada diungkapkan Kepala SMA Negeri 5 Balikpapan, Imam Seger Suja’i. Ia berharap para siswa dapat memahami mengenai wawasan kebangsaan seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

“Kita berharap dengan materi ini anak-anak memiliki wawasan baru, kemudian bisa memahami perbedaan-perbedaan yang ada di lingkungannya masing-masing sehingga tak ada disintegrasi di antara mereka,” ujar Imam Seger Suja’i.

Di sela-sela sosialisasi, Bagus Susetyo juga memberikan pertanyaan kepada sejumlah siswa. Di akhir sosialisasi dilakukan sesi tanya jawab singkat terkait wawasan kebangsaan. Bagi yang bisa menjawab dengan benar diberikan hadiah oleh Bagus Susetyo. []

Penulis: Agus P. Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur