Puji Tekankan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

Puji Tekankan Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai konsensus kebangsaan, wajib dikenalkan kepada generasi muda penerus bangsa.

Hal itulah yang ditekankan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Puji Setyowati saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) yang di selenggarakan di gedung Daarul Qur’an Kaltim, Jalan Raudah Nomor 165, Teluk Lerong Ilir, Samarinda Ulu, Jumat (04/11/2022).

Puji Setyowati

Peserta sosbang merupakan orang tua santri dan pengajar di PPPA Daarul Quran hingga masyarakat Teluk Lerong Ilir. Hadir pula Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Samarinda, Erham Yusuf dan Pegiat Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor Kaltim, Guntur Pribadi, sebagai narasumber. Serta Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI).

Menurut Puji, kegiatan ini penting dilaksanakan, apalagi mayoritas peserta yang hadir adalah ibu-ibu atau wanita. Sehingga pemahaman tentang kebangsaan dapat ditanamkan untuk putra-putri, terlebih untuk dirinya sendiri.

“Empat pilar kebangsaan ini harus tetap kita jaga dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap, jiwa kebersamaan, jiwa gotong royong dan jiwa saling menghargai tetap berada di tangan ibu-ibu untuk disampaikan kepada putra-putrinya. Jangan sampai di era digital, era milenial ini, anak-anak kita tidak tahu sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Puji menjelaskan, sosbang merupakan cara legislatif menyuarakan rasa cinta Tanah Air kepada masyarakat. Salah satunya dengan memahami Pancasila sebagai landasan hidup Warga Negara Indonesia (WNI).

“Kami berharap setelah mengikuti sosialisasi ini, ibu-ibu bisa menyampaikan kepada putra-putrinya. Kami juga membagikan buku Sosial Kebangsaan untuk dapat dibaca bersama keluarga di rumah dengan harapan dapat menjadi jiwa di dalam rumah tangga masing-masing sehingga menjadi keluarga yang tangguh, keluarga yang menghargai para pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia,” beber istri dari mantan Walikota Samarinda Syaharie Jaang ini. []

Reporter: Guntur Riyadi
Editor: Agus P. Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur