Puji Setyowati Bekali Pelajar SMAN 17 Dengan Wasbang

Puji Setyowati Bekali Pelajar SMAN 17 Dengan Wasbang

 

SAMARINDA –  Puji Setyowati, Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar sosialisasi kebangsaan (sosbang) di Gedung Penerbit Erlangga, Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang, baru baru ini (21/01/2023).

Sasarannya adalah pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 17 Samarinda yang berjumlah sekitar 80-an orang. Dalam kesempatan itu, Puji Setyowati yang saat itu didampingi seorang narasumber, Rediyono, membekali para pelajar berseragam putih biru itu dengan wawasan kebangsaan (wasbang).

Dalam pengantarnya, politisi perempuan dari Partai Demokrat ini menjelaskan bahwa salah satu fungsi dari DPRD, yaitu mendengarkan aspirasi dan keluhan masyarakat. Selain itu, ia juga menyampaikan pentingnya pancasila untuk kehidupan sehari-hari.

“Semoga penerus bangsa bukan hanya menghapal nilai-nilai pancasila tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Puji, sapaan akrab istri Syaharie Jaang, mantan Wali Kota Samarinda dua periode ini.

Sementara Rediyono menyampaikan pentingnya mengetahui empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945 (UUD 45), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika. Ia mengatakan, perbedaan bukan untuk meruntuhkan bangsa dan negara tetapi saling melengkapi satu dengan yang lainnya.

Para peserta tampak sangat antusias mengikuti jalannya sosialisasi. Suasana pun terlihat cair dan menyenangkan, sesekali diselipkan yel yel yang membuat para peserta terlihat bersemangat. Para siswa juga tampak kritis dan aktif mengajukan pendapat dan pertanyaan.

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P. Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Headlines