Sosialisasi Wasbang di Manggar Baru, Balikpapan

Sosialisasi Wasbang di Manggar Baru, Balikpapan

Mimi Meriami Berharap Warga Lebih Mencintai Pancasila

PARLEMENTARIA KALTIM – Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kembali dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Mimi Meriami BR Pane. Kali ini, Mimi menggelar Wasbang di halaman Gedung Serba Guna Manggar Baru, Kota Balikpapan, Jum’at (10/2/2023).

Dalam sosialisasi yang dihadiri Lurah Manggar Baru Ahmad Kosasi, Ketua LPM Nurliah Kadir, serta warga setempat dari beberapa Rukun Tetangga (RT) di Manggar Baru, Mimi didampingi Bruce Anzward sebagai narasumber yang menyampaikan materi empat konsensus, yakni Pancasila, UUD RI 1945, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI.

Mimi Meriami mengaku kegiatan ini bertujuan untuk lebih mencintai Pancasila, persatuan dan kesatuan dijunjung tinggi, gotong royong dan tetap menerapkan Bhineka Tunggal Ika. “Itulah yang akan disampaikan narasumber tadi, tentang Pancasila, UUD RI 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ucapnya.

Warga pun, kata dia, sangat antusias mengikuti acara sosialisasi ini serta berharap materi tersebut bisa dipahami dan diterapkan kepada warga.

“Seperti yang didengarkan tadi bahwa pelajaran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) sangat mengena. Waktu zaman saya sekolah masih dapat, tapi untuk sekarang kurikulum sudah berubah. Untuk itu, sosialisasi wasbang ini disosialisasikan,” ungkapnya.

Bruce Anzward menambahkan betapa pentingnya memberikan pemahaman wawasan kebangsaan ini, apalagi kondisi moral sekarang sudah bergeser.

“Yang terpenting seharusnya adalah berikan pemahaman tentang politik identitas. Karena politik identitas itu dapat memecah belah persatuan, tapi karena adanya sila ketiga dan nilai Bhineka Tunggal Ika takkan pernah terpecah,” terangnya.

Sementara Lurah Manggar Baru Ahmad Kosasi mengaku sangat bersyukur dengan digelarnya sosialisasi wasbang ini. Menurutnya, ini perlu dilakukan agar masyarakat tetap tumbuh dalam berkehidupan sosial.

“Alhamdulillah acara ini dapat berlangsung di kalangan warga sekitar Kelurahan Manggar Baru, Balikpapan Timur ini semoga kesadaran masyarakat tetap tumbuh dan bertahan dengan kondusif, serta dalam bergotong-royong,” imbuhnya. []

Reporter : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional