Ismail, ST Tebarkan Benih-Benih Cinta Tanah Air di Pulau Derawan

Ismail, ST Tebarkan Benih-Benih Cinta Tanah Air di Pulau Derawan

PARLEMENTARIA KALTIM – Perbedaan serta keaneka-ragaman suku, budaya dan adat istiadat merupakan anugerah Yang Maha Kuasa kepada Bangsa Indonesia. Karenanya, hal tersebut perlu dirawat dengan menciptakan kesadaran berbangsa dan bernegara yang utuh.

Ajakan untuk menjaga rasa cinta tanah air ini diserukan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ismail, ST saat melakukan Sosialisai Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di RT 2 Pulau Derawan, Kabupaten Berau, Sabtu (11/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Ismail yang menggandeng Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Pulau Derawan AKP. Ridwan Lubis dan Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Pulau Derawan Kapten Infantri Makin Effendi, menebarkan benih-benih nasionalisme di daerah Kepulauan Kabupaten Berau tersebut.

“Kita semua mengetahui, jika Indonesia memiliki berbagai suku dan budaya, yang itu merupakan anugerah bagi sebuah negara kepulauan ini, yang hanya sedikit bahkan hampir tidak ada yang menyamainya,” katanya.

Perbedaan serta beraneka ragam adat istiadat, menyatu dalam satu kesatuan sebuah kenegaraan bernama Indonesia, adalah anugerah Tuhan yang harus disyukuri.

Harapan besar menanti generasi muda yang hadir dalam acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut. Tentu bukan tanpa alasan, tongkat estafet yang akan terus beregenerasi pun menjadi acuan agar kedepan rakyat Indonesia dapat menjadi rakyat yang berbudi luhur dan saling menjaga keutuhan NKRI.

“Sosbang adalah jalan untuk mempertahankan keutuhan bangsa, pemuda adalah mereka yang kelak akan memimpin negeri ini,” ujarnya.

Kebermanfaatan acara ini diakui oleh tokoh masyarakat Pulau Derawan, H. Bachri. Kepala Kampung di Pulau Derawan tersebut merasa sangat bersyukur atas hadirnya Ismail dalam memberikan edukasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat setempat. Diketahui pula, jika Sosbang yang diadakan oleh Ismail ini, baru pertama kalinya di pulau itu.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas pelaksanaan Sosbang ini oleh Bapak Ismail ST, karena ini baru pertama kalinya kegiatan yang sangat positif dilakukan di Pulau Derawan,” kata H Bachri.

Dijelaskannya, Pulau Derawan akan menghadapi pemilihan kepala kampung di Bulan Oktober mendatang. Sosbang ini pun menjadi dasar dalam memilih pemimpin yang siap untuk membuat Derawan lebih baik lagi, serta turut mempertahankan nilai-nilai kebangsaan.

“Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi kami di Pulau Derawan, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilihan kepala Kampung di Bulan oktober 2023 dan Pemilu 2024. Sangat bermanfaat bagi kami,” lanjut Bachri dengan penuh syukur. []

Penulis : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional