Veridiana : Perbedaan Jangan Dijadikan Penghalang

Veridiana : Perbedaan Jangan Dijadikan Penghalang

PARLEMENTARIA KALTIM – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Veridiana Huraq Wang menegaskan empat konsensus bangsa bernegara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika, harus senantiasa menjadi pedoman bagi warga.

“Konsensus bangsa bernegara harus diterapkan dalam kehidupan. Salah satu contohnya yaitu menjaga persatuan dari adanya perbedaan. Baik suku, ras, agama, dan pandangan seyogianya merupakan suatu warna dalam kehidupan,” kata Veridiana saat menggelar acara sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Kecamatan Long Bagun, Mahakam Ulu, Minggu (12/2/2023).

“Perbedaan itu jangan dijadikan sebagai penghalang, tapi itu merupakan sebuah kekayaan. Karena itu merupakan buah dari Kebhinekaan yang negara kita miliki,” sambungnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku memasifkan gerak-gerak edukasi persoalan wawasan kebangsaan di masa kini sangatlah perlu, sebagai upaya preventif dari berkembangnya teknologi yang kian meluas. Dengan harapan para masyarakat dapat mengerti dan memahami arti pentingnya kebangsaan dalam berkehidupan.

“Agar semakin mempertebal rasa kebangsaan, nasionalisme, cinta tanah air sebagai mitigasi paham komunis ataupun negatif lainnya dalam berkehidupan, bernegara dan berbangsa,” jelasnya. []

Penulis : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional