Dispora Gelar Pelatihan Wirausaha Muda di Desa

Dispora Gelar Pelatihan Wirausaha Muda di Desa

KUTAI TIMUR – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan acara Pelatihan Wirausaha Muda dengan Tema “Mengenal Revolusi Industri 4.0 Media Sosial untuk Pengembangan Wirausaha” diadakan di Balai Desa Sumber Sari, Kecamatan Long Mesangat, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), beberapa waktu lalu, Selasa (21/03/2023). 

Hadir sebagai narasumber, Muhammad Ardian dari Komunitas Wirausaha Muda dan Surya fajar Saputra sebagai Konsultan Teknologi Informasi. Dihadiri oleh 50 orang peserta dari karang taruna dan pemuda-pemuda potensi lainnya dari dua desa yaitu desa Sumber Sari dan tanah Abang. Acara ini dihadiri oleh perangkat kecamatan, Kepala Desa (Kades) Sumber Sari Bapak Muhammad Zakaria, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sumber Sari, serta sejumlah pejabat fungsional.

Sementara untuk pelaksanaan Wirausaha Muda Pemula di Desa Sumber Agung Kecamatan Mesangat Kabupaten Kutai Timur diikuti 50 orang dan dihadiri oleh Camat Long Mesangat Riduansyah, Kades Sumber Agung Juni, serta tokoh-tokoh masyarakat. Seminar dilaksanakan di Balai Desa Sumber Agung dengan menghadirkan narasumber Surya Fajar Saputra Konsultan Teknologi Informasi, dan Muhammad Ardian dari Komunitas Wirausaha Kutim dan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman.

“Kita harus menjadi pelaku di pasar jangan sampai kita mengeluh kenapa orang luar dikasih kesempatan ia berarti karena kita tidak siap,” kata Rasman kepada media ini, di Kantor Dispora Kaltim, Jalan KH Wahid Hasyim, Samarinda, Rabu (05/04/2023).

Ia berharap agar pemuda daerah tidak inferior dan tidak rendah diri. “Kita berharap mereka punya inisiatif berusaha sesuai dengan fashion-nya, sesuai dengan apa yang dia sukai kita nggak boleh doktrin kamu usaha ini, sekaligus menjawab tantangan terhadap keberadaan Ibu Kota Nusantara masa kita mau jadi penonton,” ungkap Rasman.

Penulis: Rosmi Rahma| Penyunting: Fajar Hidayat

Headlines