Camat Hadiri FKP Regsosek Di Kelurahan Melayu

Camat Hadiri FKP Regsosek Di Kelurahan Melayu

ADVERTORIAL – Kelurahan Melayu Kecamatan Tenggarong menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) dalam rangka Pendataan Awal Registrasi Sòsial Ekonomi (Regsosek) tahun 2023. Kegiatan tersebut dibuka Camat Tenggarong Sukono di Aula Kantor Lurah Melayu, Tenggarong, Kamis (11/5/2023).

Lurah Melayu Aditiya Rakhman mengatakan kegiatan pendataan awal Regsosek 2022, dilakukan karena masih terbatasnya data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk untuk menentukan target program pembangunan. Serta belum terlaksananya kontrol kualitas data dan ketepatan pemutakhiran data tersebut.

“Data hasil pendataan awal Regsosek akan dijadikan acuan pemerintah menyusun dan melaksanakan program terkait sosial ekonomi,” kata Aditiya Rakhman.

Untuk diketahui kegiatan Pendataan Awal Regsosek telah dilaksanakan tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022 lalu terhadap seluruh keluarga di Indonesia, yang bertujuan  mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ektreem, integrasi program dan menuju satu data Indonesia.

Lebih lanjut di katakan Aditiya tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk menangkap dinamika perubahan kesejahteraan masyarakat sebagai rujukan untuk integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi dan meningkatkan pelayanan publik.

Diharapkan dari kegiatan adalah kesepakatan ketua/pengurus Satuan Lingkungan Setempat/tokoh masyarakat mengenai tingkat kesejahteraan keluarga di masing-masing daerahnya. Adapun kegiatan ini terdiri dari verifikasi keluarga, serta pendataan keluarga.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik diikuti 47 Rukun Tetangga yang ada di Kelurahan Melayu. Kegiatan dilaksanakan selama empat hari, di mana setiap harinya diikuti 12 Rukun Tetangga.

Turut hadir dalam acara tersebut tokoh masyarakat, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Ketua Lembaga Adat Melayu, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Melayu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Melayu, Karang taruna serta undangan lainnya.

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara Serba-Serbi