Spirit Fighting Pemuda Kaltim Masih Rendah

Spirit Fighting Pemuda Kaltim Masih Rendah

ADV LIPSUS – Semangat juang atau spirit fighting para pemuda di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) disebut masih sangat rendah. Kepekaan pemuda Kaltim untuk berkembang juga terbilang lambat dari pemuda lain di luar Kaltim. Buktinya, peran pemuda daerah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) belum terlihat nyata.

Hal tersebut diungkapkan Rusman Yaqub, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim saat memberikan materi dalam acara Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2022 tentang Kepemudaan (Perda Kepemudaan) di Hotel Harris, Jalan Untung Suropati, Samarinda, Senin (22/05/2023).

“Jangan sampai di tengah hingar bingarnya IKN, kita hanya jadi penonton saja, oleh karena itu pemuda harus berperan di dalamnya serta memiliki daya saing yang kuat. Apalagi pemuda ini salah satu penopang bangsa di generasi mendatang,” kata wakil rakyat bergelar akademik doktor ini.

Meskipun pemuda dituntut memiliki semangat juang yang tinggi, serta dituntut harus aktif berperan dalam berbagai pembangunan daerah, bukan berarti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim berdiam diri, banyak program daerah telah dicanangkan. Bahkan untuk mendukung pembangunan pemuda,  Pemprov dan DPRD Kaltim telah membentuk perda kepemudaan. 

“Oleh sebab itu saya berharap dengan hadirnya Perda ini, dapat membangkitkan semangat anak muda. Jangan sampai kita tertinggal dibanding daerah lain, ini menjadi tujuan utama perda ini untuk menciptakan pemuda unggul yang berdaya saing dan memiliki ilmu pengetahuan yang memadai,” kata anggota dewan yang juga menjabat selaku Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kaltim ini.

Di hadapan 40 peserta yang hadir dari berbagai unsur yakni pelajar, dan mahasiswa organisasi kepemudaan, Rusman Yaqub juga mengemukakan bahwa di era digitalisasi seperti saat ini, pemuda tidak boleh tertinggal bersaing. Perkembangan teknologi informasi begitu pesat, sehingga pemuda harus cepat mengiringi perkembangannya, agar tidak tertinggal semakin jauh.

Dalam acara sosper tersebut, selain Rusman Yaqub, hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Bahri, Kepala Biro HukuM Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim Suparmi, Ketua Tim Akselerasi Pembangunan Kota Samarinda Syaparuddin. []

Penulis: Hernanda Salsabila Putri | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial