12 Atlet Biliar Kaltim Dipersiapkan Menuju Pra PON Jakarta

12 Atlet Biliar Kaltim Dipersiapkan Menuju Pra PON Jakarta

ADV LIPSUS – Sebanyak 12 orang atlet biliar hasil Seleksi Provinsi (Selekprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang berlangsung Mei 2023 lalu tengah dipersiapkan untuk mengikuti Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI bulan Oktober 2023 mendatang di Jakarta.

Mereka antara lain di divisi pool putra, Yofan (Samarinda), Heri T (Samarinda), Anggi (Balikpapan), Rusdi (Samarinda), Wahyudi T (Kutai Timur), Stenly (Kutai Timur), Sudarman (Kutai Kartanegara), Heri G (Samarinda). Sementara divisi Pool Putri yakni Tiara (Berau), yaitu Nurhidayah (Samarinda). Sedangkan di Divisi Snockers mereka adalah Bambang (Kutai Timur) dan Haris (Samarinda).

Menurut Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) POBSI Kaltim Raymond Nirwan, nama-nama pebiliar Kaltim yang lolos selekprov dilaporkan ke Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim untuk selanjutnya ditentukan komposisi atlet yang diberangkatkan menuju Pra PON di Jakarta.

“Kami melapor ke KONI masalah hasil seleksi ini. Kami menunggu dari KONI seperti apa komposisi 12 atlet ini cukup atau perlu pemangkasan dari KONI,” ungkap Raymond, sapaannya, kepada awak media, Jumat (09/06/2023).

Jika nantinya perlu pemangkasan, maka Pengprov POBSI Kaltim akan memangkas sesuai dengan kebutuhan anggaran dari KONI Kaltim. “Kalau perlu dipangkas berarti kami seleksi kedua lagi. Ini belum final,” jelasnya.

Kendati demikian, Raymond akan berupaya maksimal atlet yang lolos ini bisa tampil memuaskan pada Pra PON nanti. Rencananya, sebulan sebelum Pra PON atlet akan dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan di Balikpapan. Pekerjaan Rumah bagi Pengprov POBSI Kaltim menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, lantaran pada PON Papua lalu cabang olahraga biliar Kaltim tak satu pun menyumbangkan medali. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial