Kesiapan Penyelenggaraan OICCA di Kaltim Sudah 85 Persen

Kesiapan Penyelenggaraan OICCA di Kaltim Sudah 85 Persen

ADV LIPSUS – Kepala Dinas Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Hari Kesuma didampingi jajarannya telah menggelar rapat persiapan kedatangan Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA) dengan Sekretaris Provinsi Kaltim Sri Wahyuni. Dari gelar rapat tersebut, diketahui bahwa persiapan penyelenggaraan OICCA di Kaltim sudah mencapai 85%.

OICCA Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan menunjuk Kaltim menjadi tuan rumah. Perhelatan akbar tersebut yang akan berlangsung selama sepekan, diagendakan pada 7-14 Juli mendatang. OICCA akan diikuti sekitar 56 delegasi negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), termasuk Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Agus Hari Kesuma, Kepala Dispora Kaltim kepada media Prudensi.com usai menghadiri pengumuman Pemuda Pelopor Kaltim Tahun 2023 di Hotel Harris Samarinda, jalan Untung Suropati Nomor 35, Karang Asam, Samarinda, Selasa (13/06/2023).

“Membahas kesiapan Kaltim terkait masalah tuan rumah kedatangan teman-teman pemuda OICCA itu, alhamdullilah sementara ini kesiapan sudah 85 persen,” kata pejabat yang akrab disapa AHK itu.

Kepala Dispora Kaltim mengungkapkan, dalam rapat yang digelar di Jakarta, Senin (12/06/2023) kemarin, dilakukan sinkronisasi persiapan penyelenggaraan OICCA di kabupaten dan kota tempat pelaksanaan OICCA, yaitu Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara (Kukar).

“Di Jakarta kemarin menyinkronkan saja tentang randown, Dispora Kota Balikpapan sudah meng-handle, ketibaan di Samarinda, Disporapar Samarinda yang menghendel, abis itu di Kukar dalam acara Tifaf (Tenggarong Internasional Folk Arts Festival, red) sudah bisa di-handle oleh Disporapar Kukar,” ujar AHK, sapaan akrabnya.

AHK juga menambahkan mereka akan mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Pampang, Islamic Center Samarinda, Kesultanan Kukar dan menonton Tifaf.

“Sarana yang digunakan kalau di Balikpapan mengunjungi Pondok Pesantren Hidayatullah, Samarinda itu mengunjungi Pampang terus melihat Islamic Center, sementara Kukar mengunjungi Kesultanan dan nonton Tifaf,” ungkap Kepala Dispora.

Dia berharap dengan adanya kegiatan tingkat internasional ini, para pemuda Kaltim dapat memperlihatkan kultur dan seni budaya lokal di mata dunia, sehingga suatu saat nanti bisa terjalin kerja sama dengan delegasi OKI yang berkunjung nanti. “Harapan kita supaya pemuda melihat bahwa mereka itu melihat kultur kita dan kebudayaan kita,” tutupnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Headlines