Fasilitasi Pemuda Berkontribusi di IKN, AMI Gelar Diskusi Kepemudaan

Fasilitasi Pemuda Berkontribusi di IKN, AMI Gelar Diskusi Kepemudaan

ADV LIPSUS – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah ditetapkan dan berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), saat ini pembangunannya tengah berlangsung. Pada Februari 2024, pelayanan pemerintahan IKN diagendakan telah beroperasi. Itu tentu menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pemuda Kaltim, jika tidak direspons, pemuda Kaltim pasti tertinggal.

Akselerasi Muda Indonesia (AMI) memandang, pemuda Kaltim harus aktif berkontribusi, baik dalam pembangunan maupun dalam operasional IKN. Karena itu, AMI memandang perlu menggelar diskusi kepemudaan dalam rangka memfasilitasi pemuda daerah untuk menyampaikan aspirasi dan memperjuangkannya ke berbagai pemangku kepentingan agar kontribusinya dapat terwujud nyata.

Hal tersebut diungkapkan Ketua AMI Achmad Efendi saat menyampaikan laporan dalam acara pembukaan diskusi kepemudaan bertajuk IKN Mengakselerasi Pemuda Daerah yang digelar di Gedung Olah Bebaya Lamin Etam, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kamis (15/06/2023). Acara dihadiri sekitar 500 orang, perwakilan organisasi pelajar, organisasi kemahasiswaan, organisasi kepemudaan, duta pemuda, duta wisata se-Kaltim.

“Kesempatan dan peluang pembangunan IKN untuk pemuda sangat besar, oleh karena itu AMI mengajak kepada seluruh pemuda untuk solid dan komitmen, tidak hanya terhadap tuntutan hak, namun juga bertanggung jawab atas kewajiban untuk terus meningkatkan kualitas agar pantas diberdayakan,” ungkap Achmad Efendi.

Diskusi Kepemudaan sendiri menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma. Ia hadir memberi sambutan sekaligus membuka acara tersebut. Kemudian hadir pula Deputi Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Otorita IKN Alimuddin.

Penulis : Putri Aulia Maharani | Penyunting : Nursiah

Advertorial