Dispora Kaltim Kembali Latih Pemuda Kaltim Mengurus Jenazah

Dispora Kaltim Kembali Latih Pemuda Kaltim Mengurus Jenazah

ADV LIPSUS – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya meningkatkan kualitas pemuda daerah dengan berbagai kegiatan pelatihan, di antaranya pelatihan mengurus jenazah yang menjadi fardu kifayah bagi umat muslim. Pelatihan tersebut tiap tahun digelar, dimulai dari 2020 lalu di masa pandemi corona virus desase (covid) 2019.

Tahun 2022 lalu, kegiatan digelar di  Hotel Bintang Sintuk, Lok Tuan, Bontang Utara, Bontang. Tahun 2023 ini, giliran pemuda di Kabupaten Paser yang mendapatkan pelatihan. Dispora Kaltim melaksanakannya di Kyriad Hotel Sadurengas, Jalan Kesuma Bangsa, Tepian Batang, Tanah Grogot, Kamis (15/06/2023) kemarin.

Guna melatih para pemuda ini bisa mengurus jenazah sesuai syariat, Dispora selalu menggandeng narasumber atau pelatih dari Universitas Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kaltim. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Paser juga turut memfasilitasi kegiatan tersebut, di antaranya merekrut peserta pelatihannya.

Bahri, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim mengungkapkan, tahun ini pemuda yang dilatih sebanyak 80 orang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelatihan dibagi dua sesi, teori dan praktik. Praktik mengurus jenazah pria dan wanita dibedakan, sebab teknik dan syariat mengurusnya juga berbeda. Adapun tema pelatihan fardu kifayah tahun ini adalah “Mari Kita Tingkatkan Kualitas Pemuda Kaltim 2023”.

Penulis: Hernanda Salsabila Putri | Penulis: Hadi Purnomo

Advertorial Serba-Serbi