Duet Nabil-Pieter, Pahlawan Kaltim di Potradnas IX

Duet Nabil-Pieter, Pahlawan Kaltim di Potradnas IX

ADV LIPSUS – Pasangan atlet olahraga tradisional Nabil Hani dan Christiardi Pieter (Nabil-Pieter) asal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi pahlawan di ajang Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) IX Tahun 2023 yang digelar selama empat hari, dari Senin (12/06/2023) hingga Kamis (15/06/2023) di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Pasangan Nabil Hani (dua dari kiri) dan Christiardi Pieter (dua dari kanan), sukses merebut medali emas di ajang Potradnas IX di Kuningan, Jawa Barat untuk kategori olahraga tradisional sumpitan berpasangan.

Duet Nabil-Pieter sukses memenangi lomba menyumpit berpasangan dan meraih medali emas. Nabil adalah pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 19 Samarinda, sedangkan Pieter merupakan siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Linggang Bigung, Kutai Barat (Kubar). Mereka berhasil mengalahkan pasangan atlet menyumpit asal 26 provinsi dan 8 kabupaten kota dari se-Indonesia.

Kepada awak media, Pieter mengaku bahwa keberhasilannya berkat dukungan banyak pihak, di antaranya dari Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kubar yang secara intens melakukan pembinaan. Pemuda kelahiran Muara Asa ini mengucapkan terima kasih kepada Portina Kubar yang turut mendukungnya untuk ikut ke Potradnas.

Remaja kelahiran Muara Asa, Barong Tongkok ini berharap agar olahraga tradisional di daerah mendapatkan perhatian lebih, sehingga peminatnya semakin banyak. Dengan peminat olahraga tradisional yang banyak, atlet berprestasi akan semakin bertambah. “Saya berharap ke depannya olahraga tradisional di Kubar bisa lebih diperhatikan lagi supaya lebih banyak yang berminat dan menghasilkan atlet-atlet berprestasi,” ujar Pieter.

Potradnas merupakan ajang kompetisi olahraga tradisional yang hanya diikuti para remaja dari usia 15 tahun hingga pemuda berusia 22 tahun. Olahraga yang dipertandingkan tidak banyak, yakni  egrang putra, terompah panjang putra, hadang putri, gasing putra, dan sumpitan.

Selain berhasil meraih medali emas, kontingen Kaltim juga sukses merebut medali perunggu di kategori Egrang Beregu Putra, regunya  empat orang, yakni Rey, Fransiskus Febri, M ilham dan Vindra. Mereka berasal dari Desa Kedang Ipil, Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Keempatnya juga jadi pahlawan Potradnas IX tahun 2023 ini. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Hotnews Nasional