Target Kormi Kukar 10 Medali Emas di Fornas VII

Target Kormi Kukar 10 Medali Emas di Fornas VII

ADV LIPSUS – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan 50 medali emas di ajang Festival Olahraga Rekreasi Tingkat Nasional (FORNAS) VII Jawa Barat awal Juli 2023 mendatang. Sementara, Kormi Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) punya target sendiri, sedikitnya 10 medali emas.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Kormi Kukar Lukman kepada awak media, awal Juni lalu. Menurut Lukman, pihaknya akan mengirimkan 82 orang peserta pegiat olahraga rekreasi. Yang diberangkatkan ini, jumlahnya berkurang dari tahun sebelumnya. Namun begitu, pihaknya tetap optimis dapat meraih medali sebagaimana ditargetkan.

“Untuk tahun ini memang ada penurunan dari tahun sebelumnya. Namun kami tetap optimis bisa memberikan yang terbaik. Kita berharap FORNAS tahun ini KORMI Kukar bisa memberikan 10 medali emas,” ujar Ketua Kormi Kukar periode 2020-2025 ini di Tenggarong.

Sejumlah persiapan telah dilakukan oleh KORMI, termasuk mengoordinasikan rencana keberangkatan dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar dan Induk Organisasi Olahraga (Inorga). Masing-masing Inorga pun telah mempersiapkan, termasuk melakukan seleksi calon peserta yang akan masuk dalam kontingen yang diberangkatkan.

Untuk keberangkatan, Dispora Kukar memfasilitasi 36 pegiat dari KORMI Kukar. Sisanya, yang memberangkatkan adalah hasil fasilitasi masing-masing Inorga dan Dispora Kaltim. Selain itu ada juga yang berangkat dengan biaya sendiri.

Adapun Inorga di Kukar yang turut serta FORNAS VII di Jawa Barat mendatang adalah Asosiasi Seni Tarung Tradisional (ASTA) Kukar, Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia (ASKI) Kukar, Asosiasi Instruktur Aerobik dan Fitness Indonesia (ASIAFI) Kukar.

Kemudian ada juga Federasi Seni Panahan Tradisional (FESPATI) mengirim 18 pegiat, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) yang dibagi dalam olahraga katapel, gasing mengirim tujuh pegiat, belogo tiga orang pegiat, panahan tradisional empat pegiat, engrang 15 pegiat dan bakiak 12 pegiat. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial