Regu Singa dan Regu Kamboja Wakili Kwarda Kaltim ke LT-V

Regu Singa dan Regu Kamboja Wakili Kwarda Kaltim ke LT-V

ADV LIPSUS – Regu Singa dan Regu Kamboja Pramuka Pengalang akhirnya terpilih mewakili Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam setelah mengikuti Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Daerah (LT-IV) yang berlangsung dari Kamis (11/05/2023) dan berakhir hari Senin (15/05/2023) lalu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dan Kwarda Kaltim nantinya akan mengirim Regu Singa dan Regu Kamboja untuk mengikuti Lomba Regu Pramuka Penggalang Tingkat Nasional (LT-IV) di Jakarta pada bulan Juni mendatang.

Regu Singa dari regu pramuka penggalang putra dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Balikpapan meraih Prestasi Tinggi dengan nilai 7247,56. Regu pramuka penggalang putri Regu Kamboja yang juga dari Kwarcab Balikpapan meraih Prestasi Tinggi dengan nilai 7308,84. LT IV digelar di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12 Karang Joang, Balikpapan Utara.

Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim yang saat ini dipimpin Fachruddin Djapri selaku pelaksana tugas, mengatakan bahwa hingga penutupan semua rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. Hasil akhir lomba ini menempatkan Pramuka Balikpapan akan mewakili Kaltim ke lomba tingkat nasional.

“Memang ada beberapa kendala, tapi semua bisa diatasi. Lomba-lomba berjalan sesuai jadwal sampai hari terakhir adalah karnaval. Saya bangga sekali. Semua berdasarkan hasil penilaian dari dewan juri yang tentunya sangat profesional atau tidak berpihak kepada salah satu daerah,” kata Fachruddin Djapri.

TELAH DIBERANGKATKAN

Sabtu (17/06/2023) lalu, Regu Singa dan Regu Kamboja telah diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti LT-V Kwartir Nasional, bersamaan dengan kontingen yang dipimpin oleh Ratnawati.  Selaku pimpinan kontingen, Ratnawati mengungkapkan bahwa seluruh kontingen Kaltim sangat antusias dan aktif dalam mengikuti semua mata lomba.

Ia menyebutkan materi lomba yang harus diikuti regu putra dan putri perwakilan Kwarda Kaltim. “Secara keseluruhan, terdapat 33 mata lomba yang mencakup berbagai jenis perlombaan, termasuk aspek teknis kepramukaan, pengetahuan umum, teknologi, bela negara, dan masih banyak lagi,” jelas Ratnawati, Rabu (21/06/2023).

Beberapa lomba terkait kepramukaan meliputi penjelajahan, peta perjalanan, panorama, penafsir, Pionering, Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), dan halang rintang. Sedangkan lomba terkait teknologi meliputi e-sport, coding dan robotik. “Selain itu, terdapat juga lomba-lomba seperti panjat tebing, renang, memanah, melukis, pidato, dan banyak lagi,” tambah Ratnawati.

Informasi terbaru, regu putra dan putri berhasil meraih Prestasi Tinggi dalam lomba P3K, Peta kompas, dan Obat tradisional. Regu Kamboja juga meraih Prestasi Baik untuk E-sport, Panorama, dan Baris Berbaris Tongkat. Sementara itu, Regu Singa Putra mencatatkan Prestasi Tinggi dalam lomba P3K dan Peta kompas, serta meraih Prestasi Baik dalam lomba Obat Tradisional. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial