Regu Kamboja Terbaik di LT-V, Kadispora Beri Apresiasi

Regu Kamboja Terbaik di LT-V, Kadispora Beri Apresiasi

ADV LIPSUS – Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) tahun 2023 adalah lomba regu pramuka penggalang tingkat nasional yang diikuti kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) dari 34 provinsi di Indonesia, salah satunya Kalimantan Timur (Kaltim). Membanggakannya, salah satu regu, yakni regu putri bernama Kamboja, sukses dinobatkan sebagai Regu Berprestasi Tinggi.

Penobatan itu berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 84 Tahun 2023 yang dibacakan pada momen penutupan kegiatan LT-V di Lapangan Utama Perkemahan Putri 2 Bumi Perkemahan dan Graha Wisata, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (22/06/2023) malam.

Regu Kamboja adalah yang terbaik secara umum dengan total nilai 1.554, setelah regu penggalang putri dari Bali dan Riau. Di tingkat regional III, Regu Kamboja berprestasi tinggi, disusul regu dari Kwarda Sulwesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sedangkan regu putra dari Kwarda Kaltim bernama Regu Singa, dinobatkan berprestasi tinggi di regional III, disusul regu dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Mengetahui hal tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma langsung memberikan ucapan selamat, mengapresiasi atas pencapaian prestasi regu pramuka asal Bumi Etam. Selama sepekan, sejak  Ahad (18/06/2023), mereka telah berhasil menunjukkan wawasan dan keterampilan terbaik di hadapan dewan juri.

“Ini salah satu bukti bahwa pembinaan generasi muda di Kaltim sudah berjalan dengan baik, khususnya kepramukaan yang dilakukan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Agus Hari Kesuma, Jumat (23/06/2023).

Dalam lomba, setiap regu yang berjumlah delapan orang anggota ditambah dua orang pembina, berjibaku menyelesaikan tugas menyangkut Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), Peta Kompas, Obat Tradisional.E-sport, Panorama, Baris Berbaris Tongkat, Melukis, dan Reportase.

Untuk diketahui Lomba Tingkat merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu yang biasa disingkat dengan LT yang diselenggarakan dalam bentuk perkemahan secara berjenjang.

Jenjang pertama adalah LT-I, yakni tingkat gugus depan atau gudep, LT-II adalah kwartir ranting (kwaran) di tingkat kecamatan, LT-III adalah kwartir cabang (kwarcab) di tingkat kabupaten/kota, LT-IV adalah kwartir daerah (kwarda) atau di tingkat provinsi, dan terakhir LT-V untuk tingkat tertinggi, yakni kwartir nasional (kwarnas). []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial