Wajah Baru Skuad Asuhan Rahmat Hidayat di Ajang Popnas XVI

Wajah Baru Skuad Asuhan Rahmat Hidayat di Ajang Popnas XVI

ADV LIPSUS – Hasil kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Popnas) cabang olahraga (cabor) sepak bola Zona IV yang digelar di Gelora Kadrie Oening Sempaja, September 2022 lalu memberi tiket laga Popnas XVI bagi skuad pelajar asuhan Rahmad Hidayat.

Tak lama lagi multievent olahraga pelajar terakbar negeri ini bakal digelar di Bangka Belitung-Sumatra Selatan, 26 Agustus hingga 4 September 2023 mendatang. Rahmat Hidayat menegaskan telah menyiapkan kesebelasan binaannya, meskipun terdapat kendala. Beberapa pemain yang turut serta kualifikasi Popnas telah lulus sekolah.

Mantan pelatih Mitra Kukar kategori Usia 21 ini menyebut, terpaksa mengganti pemainnya yang masih aktif bersekolah. “Beberapa pemain yang lama sudah lulus sekolah, sehingga kami harus mengganti dengan pemain yang masih aktif bersekolah,” kata pelatih yang akrab disapa Rambo ini.

Wajah baru dalam tim, lanjut dia, pasti memberikan pengaruh, terutama terkait adaptasi dan harus dilakukan penyesuaian, kerja sama tim dilakukan penguatan kembali. “Karena, yang utama jelas terkait adaptasi. Dengan adanya pemain baru, mereka harus menyesuaikan diri dulu dengan tim,” ujar Rambo kepada awak media, Ahad (02/07/2023).

Meski begitu, Rambo mengaku tetap optimis, ia terus berupaya agar tim yang ia asuh tetap berjaya di ajang Popnas, tak sekedar bermain tanpa gol dan tanpa medali. “Tetap akan tampil maksimal di Popnas. Semoga bisa memberikan hasil terbaik di Palembang nanti,” ujarnya mengakhiri wawancara.

Semula, kesebelasan asuhan Rambo berencana memboyong timnya berjumlah 20 orang, termasuk cadangan. Selama setahun setelah kemenangan pada Pra Popnas, tim besutan mantan pemain Putra Samarinda dan Mitra Kukar ini terus diperkuat dengan pelatihan secara intensif. Sedangkan yang akan lewat usia pelajar, pihaknya juga telah melakukan seleksi pengganti. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial