Kapolresta dan Kadisporapar Sambut Rombongan OIC-CA

Kapolresta dan Kadisporapar Sambut Rombongan OIC-CA

ADV LIPSUS – Tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan, Rombongan delegasi dari negara-negara OICCA (Organization Islamic Cooperation Cultural Activity) langsung disambut oleh Kapolresta Balikpapan dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan , Sabtu (08/07/23).

Sebanyak 35 orang Delegasi OICCA disambut langsung oleh Kapolresta Balikpapan Kombespol Anton Firmanto dan Kepala Disporapar Kota Balikpapan C. I. Ratih Kesuma. W.

Kedatangan rombongan delegasi dari negara-negara OIC-CA di Provinsi berjuluk Benua Etam, ialah dalam rangka melihat secara langsung keanekaragaman budaya di Kalimantan Timur, dan akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“OIC-CA ini dalam rangka kunjungan negara-negara yang tergabung di dalam OKI (Organisasi Kerja sama Islam) untuk melihat bagaimana kebudayaan di Kaltim,” ucap Kapolresta Balikpapan.

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Yohan mengatakan, terdapat 26 rombongan yang datang pagi ini dan VVIP menyusul pukul 16.00 WITA sekitar 80. Jika secara menyeluruh, total rombongan ada 100 rombongan yang akan lebih dahulu menuju ke Samarinda sambil menunggu pembukaan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga bersama Gubernur Kaltim.

”Besoknya Minggu (09/07/2023) melakukan city tour di Kota Samarinda, ada kunjungan kunjungan baik yang terkait pengadaan yang di Kukar maupun di Balikpapan dan meninju IKN, dan bagaimana masing-masing peserta melakukan sidang internasional bersama konferensi- konferensi antar negara,” kata Yohan.

Perlu diketahui, Kaltim terpilih menjadi tuan rumah OIC-CA 2023 bukan tanpa alasan. Hal ini, karena Kaltim memiliki kekhasan, yakni mempunya salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia yakni Kesultanan Kutai Kartanegara, dan di Kukar setiap tahun dilakukan kegiatan terkait kebudayaan dan sekaligus memperkenalkan IKN kepada negara-negara islam.

Penulis: Zul | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines