OIC-Cultural Activities 2023 Jadi Platform Keberagaman Budaya Dunia Islam

OIC-Cultural Activities 2023 Jadi Platform Keberagaman Budaya Dunia Islam

ADV LIPSUS – Sekretaris Daerah Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengucapkan, selamat datang kepada seluruh peserta OIC-CA 2023 di Kalimantan Timur. Dalam pembukaan pelaksanaan kegiatan Organization Islamic CooperationCultural Activity (OIC-CA) 2023 di Pendopo Odah Etam Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (08/07/2023) malam.

Sri Wahyuni mengatakan, untuk pertama kali Kalimantan Timur bersama Jakarta dijadikan tuan rumah kegiatan Ceremony OIC-Cultural Activities 2023 untuk merayakan momen penting dalam sejarah kerja sama budaya antara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam.

Ia berharap para peserta dapat menikmati saat melakukan diskusi budaya dan berbagai hal di Kalimantan Timur.

“Melalui OIC-Cultural Activities 2023, kita dapat berbagi, belajar, dan mempromosikan kekayaan budaya kita masing-masing,” ungkap Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni.

Event ini merupakan platform untuk menampilkan budaya dunia Islam yang beragam, dengan tujuan meningkatkan kesadaran bahwa kebudayaan dapat menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antarnegara serta menyebarkan nilai-nilai Islam di kalangan generasi muda, sebagai kontribusi pada promosi toleransi dan interaksi konstruktif antarumat beragama.

Ditunjuknya sebagai tuan rumah adalah kehormatan besar bagi Indonesia untuk memamerkan aset budaya dan alam provinsi penyelenggara dan mempromosikan kerja sama budaya yang lebih besar di antara Negara Anggota OKI dan Organ OKI tidak hanya bidang pendidikan, kepemudaan, ada juga perdagangan.

Sekda juga Menjelaskan, bentuk kerja sama kegiatan ini tidak hanya kunjungan budaya tapi juga para pemuda yang hadir ini akan ada kerja sama dibidang pendidikan dengan beberapa kampus dibawa bendera OIC-CA.

“Pihak kampus yang terlibat selama kegiatan ini ada Universitas Mulawarman (Unmul) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda), Universitas Balikpapan (Uniba) serta Institut Teknologi Kalimantan (ITK),” ungkapnya.

Momentum ini sangat baik bagi masyarakat Kaltim untuk terus meningkatkan daya saing di level Nasional maupun Internasional apa lagi Kaltim akan menjadi serambi ibu kota negara.

“Harapan kita indeks pembangunan pemuda di Kaltim itu lebih meningkat sehingga ada kesadaran yang lebih tinggi dan keinginan untuk kita sama-sama meningkatkan daya saing,” tutupnya.

Penulis: Nurfaradiba | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines