Kedatangan Delegasi OIC-CA 2023, Edi Damansyah Minta Terus Jaga Olahraga Tradisional

Kedatangan Delegasi OIC-CA 2023, Edi Damansyah Minta Terus Jaga Olahraga Tradisional

ADV LIPSUS – 56 Negara Islam yang masuk dalam delegasi peserta event Internasional Organization Islamic Cooperation – Cultural Activity (OIC-CA) 2023 disambut dengan hangat oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

Edi mengatakan bahwa para delegasi OIC-CA 2023 merasa terkesan dengan masih banyak dan terawatnya olahraga-olahraga tradisional yang dimiliki negara Indonesia khususnya yang ada di Kutai Kartanegara.

“Mereka disambut dengan beberapa olahraga tradisional di Kutai Kartanegara, tampaknya mereka antusias untuk mencoba olahraga tradisional yang disediakan,” kata Edi saat ditemui awak media usai mendampingi delegasi OIC-CA.

Diketahui bahwa berdasarkan pelaksanaan OIC-CA di Kaltim ada tiga kabupaten/kota yang dipilih sebagai lokasi pagelaran perhelatan akbar ini, yaitu Kukar, Samarinda dan Balikpapan.

“Kita ini kebagian dari kunjungan delegasi OICCA yang kegiatan mereka berada di Kota Samarinda provinsi Kaltim,” ucapnya.

Menurutnya, kunjungan delegasi dari negara islam tersebut juga bisa memberikan motivasi kepada masyarakat Kukar, khususnya bagi komunitas-komunitas dan cabang olahraga tradisional di Kukar untuk lebih menjaga kearifan lokal daerahnya.

“Harus terjaga dengan baik, dan negara Indonesia jadi cerminan bahwa di negara luar seperti Barat juga masih menjaga olahraga tradisional mereka,” harapnya.

Dalam hal ini, tentunya Kukar melalui Festival Budaya Nusantara juga ditunjuk pemerintah pusat untuk menjadi branding OIC-CA 2023.

“Ini merupakan momentum untuk memperkenalkan seni budaya Kukar, Kaltim dan Indonesia kepada negara anggota, untuk itu, Kukar juga berkesempatan menonjolkan keberadaan daerahnya sebagai kerajaan tertua di Nusantara,” imbuhnya.

Penulis: Farid | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines