Melalui Kegiatan OIC-CA 2023 Universitas Mulawarman Sepakati Kerja Sama dengan Negara OKI

Melalui Kegiatan OIC-CA 2023 Universitas Mulawarman Sepakati Kerja Sama dengan Negara OKI

ADV LIPSUS – Delegasi internasional Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OICCA) 2023, yang terdiri dari negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman  dengan Universitas Mulawarman (Unmul), Kalimantan Timur.

Universitas Mulawarman (Unmul) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan bersama Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OICCA) dan Organization Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia dengan tiga universitas Islam dan Kedutaan Palestina. Yakni Islamic University in Uganda (IUIU), The Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF), Islamic University of Technology Bangladesh (IUT) dan Kedutaan Palestina.

Rektor Universitas Mulawarman, Abdunnur mengatakan, pihak universitas sepakat untuk menjalin kerja sama dengan dua universitas dan satu organisasi kepemudaan yang melibatkan 4 fakultas yang ada di Universitas Mulawarman.

“Dari 13 Fakultas yang ada di Universitas Mulawarman pihak OIC-CA ini tertarik dengan bidang engineering, kesehatan, sains dan kehutanan,” kata Abdunnur.

Kemudian ia menyatakan bahwa kerja sama yang di jalani untuk tingkat universitas berupa program seperti join riset, praktik mengajar, program edukasi dan pertukaran mahasiswa yang dapat meningkatkan pengetahuan antar sosial budaya dan pendidikan di negara yang menjalin kerja sama.

“Program pertukaran mahasiswa ini, Unmul nanti akan belajar ke universitas di negara Bangladesh dan Uganda dan mahasiswa mereka juga akan belajar di Unmul,” ungkapnya.

Lanjutnya, Selain OIC-CA, OIC Youth Indonesia atau Pemuda OKI Indonesia bersama Universitas Mulawarman juga menetapkan kerja sama dengan Organisasi pemuda dari Turki yang juga memiliki program pertukaran pemuda.

“Kerja sama OIC Youth Indonesia atau Pemuda OKI Indonesia bersama Unmul dibidang edukasi, kultur budaya dan pendidikan ini akan ada pertukaran pemuda, jadi nanti pemuda turki akan datang ke Kaltim untuk belajar begitu pun dengan Unmul akan mengirim mahasiswa untuk belajar tentang budaya, pendidikan yang ada di turki,” tuturnya.

kesepakatan ini dilakukan dengan harapan dapat menjadi wadah pembelajaran dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi Universitas Mulawarman.

Penulis: Nurfaradiba | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines