Menjadi Salah Satu Tuan Rumah dalam Kegiatan OIC-CA 2023, Balikpapan Kenalkan IKN Kepada 56 Delegasi Negara OKI

Menjadi Salah Satu Tuan Rumah dalam Kegiatan OIC-CA 2023, Balikpapan Kenalkan IKN Kepada 56 Delegasi Negara OKI

ADV LIPSUS – Kota Balikpapan menjadi salah satu tuan rumah sebagai penyelenggaraan kegiatan Internasional Organization Islamic Cooperation Culture Activity (OIC-CA) 2023, acara akan berlangsung selama seminggu, mulai 7-14 Juli 2023.

Diinisiasi dan difasilitasi langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) yang diikuti sebanyak 56 delegasi negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Di antaranya member of OIC dari negara Indonesia, Uni Emirat Arab, Palestina, Suriah, Sudan, Pakistan, Turkiye, Yaman, Yordania, Afghanistan, Qatar, Iran, Irak, Brunei-Darussalam, Malaysia, Egypt, Kuwait, Libya, Lebanon, Maroko, Nigeria dan negara organisasi Islam lainnya.

Acara ini juga turut melibatkan seluruh Kementerian/ Lembaga serta Pemerintah Daerah terkait. Dengan mengusung tema Merangkul Kebinekaan dan Memajukan Harmoni untuk Masyarakat Masa Depan yang Lebih Cerah.

Selain Kota Balikpapan, ada DKI Jakarta, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang turut menjadi penyelenggaraan dalam kegiatan Internasional ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), C.I. Ratih Kusuma menyampaikan bahwa para delegasi tersebut akan tiba di VIP Bandara SAMS Sepinggan Kota Balikpapan, pada Sabtu (08/07/2023).

“Kedatangan para delegasi akan kita sambut dengan tarian mahligasi, kemudian pengkalungan manik-manik dayak. Karena ini menjadi bagian promosi tarian kita juga dan kemudian delegasi langsung menuju Ke Samarinda,” ungkapnya.

Sementara itu, Ratih juga mengatakan, para delegasi akan tiba kembali di Kota Balikpapan pada Selasa, (11/7/2023) sore.

“Tiba, langsung menuju Pondok Pesantren Hidayatullah, Gunung Tembak,” ungkapnya

Lanjutnya, Ratih mengatakan, Rombongan akan mengunjungi Ponpes Hidayatullah yang sudah memanfaatkan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam bahasa sehari-harinya. Kemudian meninjau kegiatan sunah dalam islam seperti berkuda, memanah dan lain-lain.

Lanjut di kegiatan selanjutnya pada Rabu, (12/7/2023), 312 delegasi tersebut akan menuju Universitas Balikpapan (Uniba) untuk melaksanakan Talkshow Interaktif.

Di mana talkshow tersebut akan membahas tentang peran pemuda dalam ekonomi kreatif dan teknologi, serta membahas progres Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kemudian di hari yang sama, para delegasi akan makan siang di RU V Pertamina Balikpapan. Lalu besoknya visit ke IKN. Sesudah dari IKN, akan terdapat malam penutupan di Balikpapan Islamic Centre (BIC). Pada hari Jumat (14/07/2023) para delegasi akan kembali ke Jakarta,” ujarnya.

Ratih juga menyampaikan, terdapat sisi positif dari acara tersebut, yakni Balikpapan dapat memanfaatkan peluang dengan mempromosikan baik Pariwisata, Kebudayaan maupun Keharmonisan budaya yang ada di Kota Balikpapan ini.

Penulis: Nurfaradita | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines