Penandatanganan MoU Antara 4 Organisasi OICA-CA dengan Uniba Sekaligus Pengenalan IKN

Penandatanganan MoU Antara 4 Organisasi OICA-CA dengan Uniba Sekaligus Pengenalan IKN

ADV LIPSUS – 4 Organisasi Negara Islam Dunia yang tergabung dalam Organization of Islamic Cooperation Cultural Activity (OICCA) melakukan penanda tanganan MoU kerja sama dengan Universitas Balikpapan (UNBA) di Gedung Aji Putri Karang Melenu, Rabu (12/07/2023).

Masing-masing dengan IUT Banglades, IUIU Uganda, IUC F atau Organ Pemuda OKI dan IRCICA atau Badan Riset salah satu organ di Organisasi Kerja sama Islam (OKI).

Kerja sama tersebut berkenaan dengan kerja sama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian ke masyarakat.

Penanda tangan ini dilakukan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur (Yapenti-DWK), Rendi Susiswo Ismail, Rektor Uniba, Isradi Zainal dengan 4 Perwakilan OICCA.

Rektor Uniba, Isradi Zainal mengatakan, kegiatan ini adalah agenda Internasional di mana Uniba dipercaya untuk menjadi salah satu tujuan dari kegiatan para delegasi ini. Menpora untuk sendiri menjadi host dan tuan rumah dalam kegiatan tersebut untuk mewakili negara.

“Uniba dalam kegiatan ini menempatkan diri untuk selalu terlibat dalam kegiatan yang bersifat baik untuk negara. Kebetulan kami dapat kepercayaan menjadi Host di ajang OICCA dan telah kita jalankan secara baik dan amanah,” ungkapnya.

Lanjutnya, Israndi mengatakan, terdapat beberapa agenda yang menarik dalam kegiatan yang membahas dunia negara Islam dalam kunjungan OICCA ke Uniba ini. Pertama, adanya kerja sama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerja sama tersebut akan lebih meningkatkan silaturahmi antar negara dan tentang teknologi dan ekonomi kreatif serta pembangunan integritas, seperti akhlak agar menjadi modal para generasi muda ke depannya.

Dalam kegiatan ini Israndi juga membahas, soal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di depan para delegasi guna mengenalkan program besar pemerintah dalam hal pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami juga mengenalkan mereka dengan IKN, karena mereka harus tahu bahwa IKN itu untuk keadilan dan kebaikan Indonesia dan dunia,” ucapnya.

Harapan Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Uniba, Merry Krisdawati Sipahutar, kerja sama di bidang Tri Dharma ini bukanlah akhir dari pertemuan, melainkan merupakan tahap awal dari kerja sama tandatangan MoU dengan 4 organisasi Islam tersebut.

“Jadi kami berharap MoU bukan saja tandatangan di atas kertas, tapi juga bisa ditindaklanjuti setelah momentum pertemuan ini,”

Dan untuk Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian juga mengapresiasi Uniba yang telah menunjukkan kiprahnya untuk memperbaiki sistem Pendidikan, sebagai upaya untuk menumbuhkan kreativitas generasi muda dalam menghadapi era digitalisasi dan mendapat nilai tambah dari kegiatan ekonomi kreatif.

“Jadi teknologi dan penguasaannya untuk saat ini sangat menjadi penting,” tutupnya

Sebagai informasi, untuk delegasi yang hadir, yakni IUIU Vice Rector of Finance and Administration Prof Kaziba Abdul Mpaata, Vice Chancellor Islamic University Technology Prof.Dr. Mohammad Rafiqul Islam, Assistant Professor Abdul Hamid Abu Sulayman Kulliyyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, International Islamic University Malaysia Dr. Mohammad Mohiuddin, dan Director General at Islamic Center for Development of Trade Mrs. Latifa El Bouabdellaoui.

Penulis: Nurfaradiba | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines