Pelajar Asal Balikpapan dan Bontang Wakili Kaltim Masuk Paskibraka

Pelajar Asal Balikpapan dan Bontang Wakili Kaltim Masuk Paskibraka

ADV LIPSUS – Siswa dan siswi asal Kota Balikpapan dan Bontang mewakili Kaltim menjalani karantina sebagai bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang akan tampil pada HUT RI 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Calon Paskibraka Nasional asal Kaltim terpilih itu adalah Rangga Nuke Leonardo siswa SMA Negeri 1 Balikpapan dan Nur Fadia Aguspika siswi asal SMA Negeri 1 Bontang.

Selain dua pelajar itu, terpilih juga Calon Paskibraka Putra Cadangan Alif Maulana Ibrahim dari Balikpapan dan Putri Cadangan Dea Shacilia Alfarianti dari Kabupaten Berau.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengucapkan selamat kepada pelajar Balikpapan dan Bontang yang terpilih mewakili Kaltim pada Paskibraka Nasional 2023. Ia juga menyerahkan apresiasi uang pembinaan dari Gubernur Kaltim sebesar Rp12,5 juta.

Hadi berpesan, kedua calon Paskibraka Nasional tidak berhenti pada satu kemampuan kompetensi. Tetapi, terus belajar mengasah kemampuan untuk meraih sebanyak-banyaknya prestasi dan jangan mengeluh dan mudah putus asa setiap menjalani pekerjaan, baik sekolah maupun saat karantina pembinaan Paskibraka Nasional.

“Kuncinya, tetap kerja keras dan semangat untuk meraih kesuksesan. Jangan hanya meraih kesuksesan di satu kompetensi saja, tetapi apa saja,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, Agus Hari Kesuma, menjelaskan perjalanan seleksi Paskibraka ini.

Jumlah Peserta seleksi kali ini sebanyak 40 orang yang berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se Kaltim.

Sebelum terpilih, kedua pelajar ini menjalani seleksi provinsi di masing-masing kabupaten dan kota sejak Maret-April 2023, dengan pelaksanaan melibatkan Tim Seleksi dari Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda, Himpunan Psikologi Indonesia Kaltim, Badan Kesbangpol Kaltim, serta Rumah Sakit AW Syahranie.

Sementara Seleksi Calon Paskibraka Nasional dilaksanakan pada 17-19 Mei 2023 di Hotel Aston dan Stadion Gelora Kadrie Oening Samarinda

Pada seleksi ini meliputi Pengetahuan Intelegensia Umum, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Kesehatan, Samapta, Baris Berbaris, Seleksi Kepribadian (Psikotes, wawancara, Penelusuran Minat, Bakat, dan Penelusuran Rekam Jejak di Media Sosial) dan Administrasi.

Agus mengungkapkan, seleksi paskibraka tingkat Provinsi Kaltim ini diikuti sebanyak 40 orang yang berasal dari 10 Kabupaten dan Kota se- Kaltim.

Penulis: Nurfaradiba | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial