Jelang HUT RI Ke-78, 38 Calon Paskibraka Kaltim Mulai Jalani Pemusatan Latihan

Jelang HUT RI Ke-78, 38 Calon Paskibraka Kaltim Mulai Jalani Pemusatan Latihan

ADV LIPSUS. Sebanyak 38 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalimantan Timur mulai menjalani pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk persiapan bertugas pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada 17 Agustus 2023 mendatang. 38 calon Paskibraka ini akan mengikuti pemusatan diklat paskibraka yang dimulai 27 Juli – 23 Agustus 2023 Bertempat di Gelora Kadrie Oening.

Dikatakan Rusmulyadi selaku koordinator bidang 1 yang meliputi pelatihan dan diklat paskibraka tahun 2023 Provinsi Kalimantan Timur, Diklat calon paskibraka yang berlangsung selama 28 hari ini dimulai dengan para calon paskibraka mendapatkan materi ruangan yang berlangsung selama 5 hari dimulai dari 27-31 Juli.

“Mereka mendapatkan materi meliputi wawasan kebangsaan,kepancasilaan, UUD yang terkait dengan NKRI, motivasi pemuda serta pembangunan pemuda di Kaltim dan materi keterbukaan informasi publik,” Kata Rusmulyadi, kamis(3/8/2023).

Dijelaskan Rusmulyadi, pemusatan latihan di lapangan dimulai sejak 1 Agustus. Latihan dimulai dengan latihan LKBB dan pembinaan penyamaan persepsi tentang langkah.

“Mereka gabungan dari beberapa kabupaten yang sebelumnya menjalani latihan yang berbeda-beda makanya saat ini kami lakukan penyamaan langkah dan pengetahuan tentang LKBB sambil mengatur sedikit demi sedikit formasi untuk pengibaran,” Ungkapnya.

“Kegiatan selama diklat tidak hanya latihan dari pagi hingga sore hari tapi para calon paskibraka menjalani kegiatan malam yaitu waktunya mereka untuk evaluasi terkait kekurangan dan kelebihan mereka yang membuat mereka termotivasi untuk saling menutupi kekurangan yang ada ,” Lanjutnya.

Kemudian ia mengungkapkan, setelah nantinya menjalani diklat sampai dengan pelaksanaan pengibaran, para calon paskibraka kembali akan menerima materi wawasan kebangsaan lapangan dengan tujuan mereka bisa melihat langsung lembaga negara yang bersinergi dengan pertahanan negara.

“harapannya agar para calon paskibraka ini tertarik untuk menjadi abdi negara dan hal ini bisa membuat mereka bangga terhadap negaranya sendiri,” Pungkasnya.

Penulis Nurfaradiba | Editor Eka Mandiri

Advertorial