Semarak Lomba Perahu Naga, Garapan Dispora Meriahkan Erau 2023

Semarak Lomba Perahu Naga, Garapan Dispora Meriahkan Erau 2023

KUTAI KARTANEGARA – Turut memeriahkan Erau Adat Pelas Benua Tahun 2023, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar lomba perahu naga dan gubang emas, di anak sungai Mahakam, yakni Sungai Tenggarong yang sejurus dengan Jalan Siswondo Parman, Tenggarong, Kukar.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, dari Kamis (28/09/2023) hingga Sabtu (30/09/2023) Beberapa waktu lalu. Dalam lomba tersebut, sejumlah tim yang terlibat berasal dari tiga kecamatan, yakni Tenggarong, Sebulu, dan Muara Muntai.

Di Tenggarong, tim yang turut lomba berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parukesit, Kelurahan Mangkurawang dan Loa Ipuh, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Kutai (YPK) Tenggarong, SMK Negeri 1 Sebulu, dan SMK Negeri 2 Tenggarong.

Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kukar Zukran mengatakan, kegiatan lomba ini terselenggara berkat kerja sama antara Dispora dengan Pengurus Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kukar.

“Tujuan dari lomba ini adalah untuk memeriahkan perayaan Erau dan menciptakan bibit-bibit atlet dayung yang dapat dibina untuk meraih prestasi baik di tingkat lokal maupun internasional,” terang Zukran.

Ia menjelaskan, lomba perahu dayung yang digelar kali ini berlangsung dalam beberapa kategori, termasuk perahu naga pelajar putra, perahu naga pelajar campuran, perahu naga umum, dan gubang lunas ganda putra. Total ada 44 tim yang berpartisipasi dalam lomba ini.

“Kami berharap lomba ini dapat menciptakan atlet-atlet dayung berprestasi yang akan mengharumkan nama Kukar, Kalimantan Timur, bahkan hingga tingkat internasional,” kata Zukran berharap.

Terpisah, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar Abdul Rasid yang juga merupakan Ketua Umum PODSI Kaltim, yang membuka langsung kegiatan ini. Pihaknya sengaja menggelar perlombaan ini dengan membuka kategori pelajar, agar memberikan jam tanding bagi atlet dayung muda di Kukar.

“Kenapa pelajar, harapannya pelajar ini mungkin jenjang prestasi masih panjang. Sehingga kalau bisa dimanfaatkan dan dipersiapkan dengan baik. Ini bisa membawa prestasi yang  lebih baik lagi ke depannya,” terang mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kukar ini.

Abdul Rasid menilai bahwa selama ini di cabor perahu naga, para atlet dayung Kukar terbilang memiliki prestasi yang sangat baik. Baik itu ditaraf regional, nasional hingga internasional. Bahkan dalam periode sebelumnya, Rasid mengatakan ada dua atlet dayung asal Kukar yang sukses menembus tim nasional dan mendulang prestasi di Sea Games.

“Harapan saya, melalui kegiatan kejuaraan seperti ini. Akan bisa melahirkan atlet yang menggantikan senior-seniornya untuk bisa berprestasi pada even-even yang lebih tinggi,” pungkasnya. []

Penulis: Eko Sulistyo | Penyunting: Nursiah

Advertorial Headlines Pemkab Kutai Kartanegara