Tingkatkan Daya Tarik Wisata Pemkab Kukar Akan Kaji Museum Mulawarman

Tingkatkan Daya Tarik Wisata Pemkab Kukar Akan Kaji Museum Mulawarman

KUTAI KARTANEGARA – Untuk meningkatkan daya tarik wisata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam waktu dekat berencana akan melakukan kajian mendalam untuk menentukan status Museum Mulawarman Tenggarong dan sekitarnya sebagai kawasan budaya. Museum Mulawarman Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) salah satu tujuan wisata sejarah dan budaya yang merupakan warisan leluhur di tanah Kutai.  Kemudian, keputusan ini nantinya akan diresmikan oleh Bupati Edi Damansyah.

Keputusan ini disampaikan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, saat menghadiri prosesi akhir Erau Adat Pelas Benua 2023 pada Senin (02/10/2023).

Bupati Kukar, Edi Damansyah. (02/10/2023)

Edi Damansyah mengatakan bahwa penetapan kawasan ini sebagai kawasan budaya memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai sarana sejarah bagi generasi muda Kukar dan sebagai pusat pariwisata yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Dengan adanya kawasan budaya nantinya diharapkan akan meningkatkan daya tarik Tenggarong sebagai tujuan wisata.

“Kami akan kaji bersama-sama untuk penetapan kawasan tersebut. Dan Pemerintah Kabupaten Kukar juga berkomitmen untuk mendukung semua pihak yang terlibat dalam proses pembuatan kawasan budaya ini,” ucapnya.

Langkah ini, diharapkan warisan budaya dan sejarah di Museum Mulawarman dan sekitarnya dapat dilestarikan dan menjadi aset berharga bagi masyarakat setempat dan pengunjung.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara