Dispar Kukar Lewat ATWI Berikan Penghargaan Pengelola Wisata

Dispar Kukar Lewat ATWI Berikan Penghargaan Pengelola Wisata

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Anugrah Tempat Wisata Idaman (ATWI) 2023 memberikan dukungan dengan bentuk penghargaan kepada pengelola destinasi wisata di desa, termasuk yang melibatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan lainnya.

Slamet Hadiraharjo,Kepala Dinas Pariwisata Kukar menjelaskan bahwa tujuan dari ATWI adalah untuk mendorong dan memacu para pengelola wisata di berbagai desa di Kukar.

“Saat ini, Dispar Kukar tengah melakukan tahapan penilaian terhadap sejumlah destinasi wisata yang berpartisipasi dalam program ini,” ucap Slamet pada Jum’at (06/10/2023).

Ia menyebutkan, penilaian yang dilakukan sejak 25 September hingga 17 Oktober 2023 ini mencakup kriteria seperti daya tarik pengunjung, upaya pemasaran, pengelolaan kelembagaan, serta dampak pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Dari puluhan destinasi yang berpartisipasi, telah dilakukan seleksi awal, dan ada 12 yang masuk dalam kategori ATWI. Selanjutnya, dari 12 destinasi tersebut, akan dilakukan seleksi lebih lanjut untuk menentukan lima besar,” sebutnya.

Slamet Hadiraharjo menekankan bahwa pengelola destinasi wisata memiliki peran penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan berkontribusi pada perekonomian masyarakat, khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut.

“Apresiasi ini berupa piagam penghargaan dan bantuan keuangan sebagai bentuk dukungan dari pemerintah daerah kepada mereka. Semua ini bertujuan untuk memotivasi para pengelola destinasi wisata agar lebih kreatif dan efektif dalam menarik kunjungan wisatawan,” Pungkasnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Hadi Purnomo

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara