Edi Realisasikan Program 25 Ribu Nelayan Produktif

Edi Realisasikan Program 25 Ribu Nelayan Produktif

KUTAI KARTANEGARA – Edi Damansyah, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) merealisasikan Program 25.000 Nelayan Produktif dengan bentuk penyerahan bantuan sarana dan prasarana (Sapras) perikanan kepada 30 Kelopok Usaha Budidaya (KUB) dan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) yang berdomisili di Kecamatan Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang. Kegiatan tersebut bertempat di Gunung Banteng Kelurahan Mangkurawang, Kecamatan Tenggarong pada Sabtu (06/10/2023).

Adapun bantuan yang diberikan berupa puluhan ribu bibit ikan, pakan ikan, alat tangkap ikan. Kemudian bantuan kepada KUB Loa Tebu Jaya sebanyak 10 unit perahu dan mesin, KUB LTB Jaya Bersinar berupa 7 unit perahu dan 10 unit mesin, 150 pis rengge patin, KUB Bersatu Jaya 10 Unit mesin ketinting, KUB Sukses Jaya 10 unit mesin ketinting dan 130 buah alat tangkap bubu labuh, KUB Mahakam 10 unit mesin ketinting.

Serta kepada Nelayan Gunung Benteng 10 unit perahu dan mesin beserta alat tangkap 330 rol kawat tempirai, KUB Mahakam Jaya Bersinar 10 unit mesin ketinting dan 2000 biji alat tangkap pantau, KUB Berkat Jaya 10 unit mesin ketinting dan 65 set alat tangkap rawai bentang, dan kepada KUB Perjiwa Jaya 10 unit mesin ketinting.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan bahwa kegiatan hari ini di Kelurahan Mangkurawang adalah dalam rangka menyerahkan beberapa bantuan seperti badan perahu dan mesin ketinting.

Bantuan ini diberikan kepada KUB disektor perikanan dan juga bantuan pakan ikan serta bibit ikan Pokdakan yang ada di Kecamatan Tenggarong maupun di Kecamatan Tenggarong Seberang,

“Saya ucapkan terima kasih kepada para ketua kelompok baik itu KUB maupun Pokdakan, yang menekuni usaha ini dengan baik,” ucapnya.

Mengingat sektor perikanan adalah sektor andalan Kukar, jadi Pemkab Kukar melalui Program 25.000 Nelayan Produktif itu memberikan fasilitasi seperti hari ini yang telah realisasikan.

“Saya berharap bantuan ini bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Dan bantuan alat tangkap juga bisa dimanfaatkan dengan baik. Saya memastikan melalui Kukar Idaman di sektor perikanan juga akan mendapat prioritas. Karena ini bagian dari program ketahanan pangan yang cita-cita Kukar menjadi lumbung pangan Provinsi Kaltim,” pungkasnya

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara