Edi Damansyah Luncurkan Kredit Kukar Idaman Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

Edi Damansyah Luncurkan Kredit Kukar Idaman Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara  (Kukar) Programkan Kredit Kukar Idaman Bagi Petani, Nelayan dan Pembudidaya Ikan. Program tersebut di-launching langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah di halaman parkir Kantor Bupati Kukar pada Senin (16/10/2023).

Edi Damansyah menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara bersama Otoritas Jasa keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kutai Kartanegara dan Bank Kaltimtara serta nantinya juga di support JAMKRIDA Provinsi Kalimantan Timur.

Program ini merupakan lanjutan dari Kredit Kukar Idaman bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2021.

“Tujuan dari Kredit Kukar Idaman ini adalah memberikan penguatan dalam akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala di lapangan sehingga mereka sering tersandung permasalahan dengan rentenir,” kata Edi Senin (16/10/2023).

Edi Damansyah menyebutkan bahwa ada beberapa ketentuan dalam Kredit Kukar Idaman yakni, Nelayan dan Pembudidaya Ikan termasuk juga Kelompok Tani Hutan melalui kegiatan Perhutanan Sosial Bunga 0 % dengan Plafond kredit maksimal sampai dengan Lima Puluh Juta Rupiah atau sesuai hasil analisis di lapangan oleh Bank Kaltimtara.

“Adapun jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 Bulan, pembayaran angsuran pokok kredit dapat dilakukan dengan pola setiap panen/ setiap produksi secara periodik sesuai dengan batas waktu akhir pengembalian,” jelasnya.

Lanjutnya, perkreditan ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui Bank Kaltimtara, dengan persyaratan yang sangat minim, alokasi kredit ini dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan mengalokasikan penyertaan modal kepada Bank Kaltimtara, untuk dapat berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah.

“Kami optimis Kredit Kukar Idaman ini dapat terselenggara dengan baik, yang diiringi dengan proses pengendalian dan evaluasi yang terus menerus bagi perbaikan kualitas layanan oleh Pemerintah Kutai Kartanegara dan Bank Kaltimtara,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara