FGD Disdikbud Kukar, Asisten III : Pentingnya Menyusun Roadmap untuk Memajukan Pendidikan

FGD Disdikbud Kukar, Asisten III : Pentingnya Menyusun Roadmap untuk Memajukan Pendidikan

KUTAI KARTANEGARA – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten III Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Bidang Administrasi Umum Dafip Hariyanto, membuka Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) dengan tema “Cita-cita, Capaian, dan Harapan Pendidikan Idaman Kutai Kartanegara”, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Dalam FGD tersebut dihadiri oleh Kepala Disdikbud Kukar Thauhid Aprilian Noor, sejumlah tokoh pendidikan, serta perwakilan dari berbagai lembaga terkait, seperti OPD, organisasi sekolah, kepala sekolah, mahasiswa, guru, tokoh masyarakat, dan anggota DPRD Kukar.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Dafip Hariyanto dalam kesempatan itu mengungkapkan ada beberapa permasalahan utama yang dihadapi dalam dunia pendidikan, seperti standar pelayanan minimal yang belum tercapai, penerapan kurikulum merdeka yang belum optimal, dan infrastruktur sekolah yang perlu ditingkatkan.

Untuk itu pentingnya penyusunan peta jalan atau roadmap untuk memajukan pendidikan di Kukar. Roadmap ini diharapkan dapat menjadi panduan dan acuan dalam upaya penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan konstitusi dan visi-misi Kukar.

“Melalui FGD ini kami berharap dapat menjadi landasan bagi perencanaan peningkatan mutu pendidikan dalam rentang waktu tahun 2025-2029, serta untuk memobilisasi berbagai sumber daya pendidikan dalam konteks pembangunan di Kukar,” ungkapnya.

Sementara Kabid Pembinaan Ketenagaan Dusdikbud Kukar, Joko Sampurno, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merumuskan peta jalan terkait cita-cita dan harapan terhadap pendidikan di Kukar.

“Pada FGD ini ada tiga isu utama yang dibahas yakni pembelajaran, akses pendidikan, dan tata kelola pendidikan,” ujarnya.

Joko menekankan pentingnya kolaborasi dengan dinas atau satuan organisasi pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kukar.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara