Prabowo Umumkan Gibran Bacawapres KIM

Prabowo Umumkan Gibran Bacawapres KIM

JAKARTA – BAKAL calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto resmi mengumumkan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang akan mendampinginya pada pilpres 2024.

“Selamat malam, saudara saudara sekalian. Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik dan Partai Prima yang dihadiri lengkap oleh ketum masing masing dan sekjen masing masing,” kata Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuka pengumuman dalam jumpa pers di kediaman Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

“Kita telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres KIM untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres dari Koalisi Indonesia Maju,” sambung Prabowo.

Nama cawapres diumumkan setelah Prabowo menggelar rapat bersama para Ketua Umum (Ketum) dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) delapan partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Tampak hadir dalam jumpa pers tersebut Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Tampak pula Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta, Ketua Umum Partai Garda Republik Ahmad Ridha Sabana dan Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priyono.

Prabowo mengatakan, keputusan itu diambil usai rapat bersama seluruh ketua umum KIM. Menurut dia, tidak ada sengketa dari keputusan tersebut karena diputuskan secara aklamasi. “Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku sudah komunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dinamika politik di koalisinya yang santer mengusung Gibran sebagai bacawapres. Gibran sendiri merupakan putra sulung Jokowi yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Prabowo menyebut dirinya sebagai warga Indonesia tentu menghormati adat budaya kulo nuwun atau permisi. Termasuk ketika Golkar sebagai salah satu partai koalisi pengusungnya memutuskan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping dirinya.

“Ya tentunya sebagai orang Indonesia dengan adat budaya kita, tentunya pasti kita menyampaikan keinginan dari partai-partai dan usulan kita,” ujarnya usai meresmikan Rumah Sakit Kodam V/Brawijaya di Surabaya, Minggu (22/10). *

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Mansyah

Breaking News Headlines Nasional