Mulai Tahun 2024 Desa Tanjung Batu Bakal Menikmati Fasilitas Penerangan Jalan Umum

Mulai Tahun 2024 Desa Tanjung Batu Bakal Menikmati Fasilitas Penerangan Jalan Umum

KUTAI KARTANEGARA – Mulai Tahun 2024 Desa Tanjung Batu bakal menikmati fasilitas penerangan jalan umum. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan memberikan fasilitas penerangan jalan umum kepada Desa Tanjung Batu di Kecamatan Tenggarong Seberang mulai tahun 2024.

Fasilitas ini akan diberikan melalui Program Terang Kampongku dan akan ditempatkan di akses menuju jalan poros Kecamatan Tenggarong Seberang serta meliputi empat RT di Desa Tanjung Batu.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, mengatakan bahwa pengadaan lampu jalan merupakan permintaan yang telah diajukan oleh pemerintah desa dalam tiga tahun terakhir.

“Penerangan jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama saat mereka beraktivitas di malam hari, dan diharapkan dapat meminimalisir kejadian-kejadian tidak diinginkan seperti kriminalitas,” ujarnya.

Sebelumnya, Desa Tanjung Batu tidak memiliki lampu jalan, meskipun menjadi pusat suplai tenaga listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) yang memasok listrik ke Kukar, Samarinda, dan Balikpapan.

Meski awalnya desa mengajukan pengadaan sebanyak 90 titik lampu jalan, saat ini baru sekitar 15-20 titik yang terpasang.

“Saya berharap bahwa lampu jalan yang belum terpasang akan direalisasikan pada tahun mendatang dan akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa, khususnya dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat beraktivitas di malam hari,” pungkasnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara