Pemdes Loa Janan Ulu Fokus Pembenahan Infrastruktur di Tahun 2023

Pemdes Loa Janan Ulu Fokus Pembenahan Infrastruktur di Tahun 2023

KUTAI KARTANEGARA – Infrastruktur merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk menunjang segala kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat Pemerintah Desa (Pemdes) Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, fokus melakukan pembenahan berbagai sarana dan prasarana umum di tahun 2023,

Kepala Desa (Kades) Loa Janan Ulu, Supariyo, mengatakan bahwa untuk tahun ini ada 16 kegiatan pembangunan yang berjalan di Desa Loa Janan Ulu. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman pada setiap penduduk.

“Pembenahan infrastruktur melibatkan sejumlah aspek, seperti peningkatan kualitas jalan dan gang di beberapa Rukun Tetangga (RT), rehabilitasi jembatan, serta peningkatan irigasi dan drainase di lingkungan pemukiman warga,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa seluruh pembenahan infrastruktur ini sangat dibutuhkan oleh warga desa. Seperti pembangunan saluran drainase akan berfungsi sebagai saluran pembuangan air, termasuk limbah cair rumah tangga, sambil mengendalikan banjir.

Kemudian, ada rehabilitasi rumah akan membantu meningkatkan taraf hidup yang layak bagi warga, sementara peningkatan infrastruktur jalan akan meningkatkan aksesibilitas warga. Hal ini khususnya menguntungkan para pelajar yang akan lebih mudah pergi ke sekolah.

“Infrastruktur jalan memiliki manfaat dalam memperlancar perekonomian, pendidikan dan khususnya bagi anak-anak sekolah,” jelasnya.

Selain pembenahan infrastruktur, juga ada bantuan sosial seperti rehabilitasi rumah juga telah disalurkan oleh pemdes. Dengan total tiga unit rumah warga yang sudah direhabilitasi.

“Semua kegiatan ini didanai menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), ” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara