Kepala Dinas Pariwisata Buka Festival Tari Topeng Nusantara tahun 2023

Kepala Dinas Pariwisata Buka Festival Tari Topeng Nusantara tahun 2023

KUTAI KARTANEGARA – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar), Slamet Hadiraharjo, membuka Festival Topeng Nusantara tahun 2023 di Taman Kota Raja Tenggarong, berlangsung mulai 9 hingga 11 November 2023. Dengan tema “Mystical Mask of Nusantara“.

Festival ini bertujuan sebagai diplomasi budaya antar daerah dan untuk mengenalkan budaya kepada masyarakat agar tetap terjaga. Festival Topeng Nusantara menjadi bagian dari dukungan terhadap visi misi RPJMD Kukar Idaman 2021-2026, yang menitikberatkan pada program “Kutai Kartanegara Kaya Festival” (K3F).

Slamet Hadiraharjo mengatakan bahwa festival ini ingin memperkenalkan tari topeng Kukar di tingkat nasional dan internasional serta melestarikan kesenian budaya topeng nusantara.

“Dengan adanya festival topeng nusantara ini kita ingin memperkenalkan bahwa di Kukar ada tari topeng, bukan hanya dari kesultanan tetapi ada juga kesenian dari setiap kecamatan itu masuk dalam tari topeng juga,” ungkap Slamet

Dalam festival ini, delegasi dari luar Kukar, seperti Solo, Cirebon, dan Ponorogo, turut hadir. Sementara dari Kukar, berbagai sanggar tari, seperti Sangkoh Piatu, Lentera, Kesultanan, dan Sinduru, turut berpartisipasi.

Festival ini tidak hanya menampilkan tari topeng, tetapi juga menghadirkan berbagai kegiatan, termasuk Talkshow, Performing ART, Traditional Dance Workshop, dan Bazaar UMKM.

“Kami berharap bahwa festival ini dapat menjadi agenda tahunan di Kukar dan semakin melibatkan partisipasi masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara