Kerusuhan di Lentera Festival 2024: Alat Vendor Sound Dibakar dan Dijarah, Kerugian Capai Rp 600 Juta

Kerusuhan di Lentera Festival 2024: Alat Vendor Sound Dibakar dan Dijarah, Kerugian Capai Rp 600 Juta

JAKARTA – Vendor Mahakarya Equipment mengalami kerugian hingga Rp 600 juta imbas kerusuhan Lentera Festival di Tangerang, Minggu, 23 Juni 2024. Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Otem selaku pemilik Mahakarya Equipment mengaku kehilangan sebagian besar peralatannya karena dibakar dan dijarah oleh penonton yang kecewa.

“Kita rugi sound system, alat-alat band, itu bisa dibilang satu set alat band yang ada di atas panggung dari mulai drum, amplifier, monitor, semuanya habis dibakar. Ada yang dibakar, ada yang dijarah,” kata Otem saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/6/2024).

Festival Tak hanya itu saja, pagar-pagar barikade milik Mahakarya Equipment juga dibawa kabur oleh pengunjung. Otem mengatakan Mahakarya Equipment bukan satu-satunya vendor yang dirugikan atas acara ini. Hujan dan Suara dari Selatan Artikel Kompas.id Ada beberapa vendor lain yang juga dirugikan oleh Lentera Festival.

“Kalau ditotal kira-kira bisa sampai Rp 400-600 juta,” kata Otem. Otem mengatakan, pihak panitia belum melunasi pembayaran adminstrasi atas penyewaan barang-barang Mahakarya Equipment. Tangerang Lentera Festival baru membayar 30 persen uang muka. “Kita pun sama statusnya sama artis, kita pun baru di-DP 30 persen. Itu di H-1 dia minta waktu, di hari H minta waktu lagi di jam 12 siang, terus minta waktu lagi di jam 6 sore sebelum si artis naik,” kata Otem.

Diberitakan sebelumnya, kericuhan terjadi dalam konser musik Tangerang Lentera Festival 2024 (TNG Lanfest) yang diselenggarakan di Lapangan Sepakbola Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten pada Minggu, 23 Juni 2024, malam. Festival musik ini rencananya menghadirkan NDX Aka, Guyon Waton, dan Feel Koplo. Pihak kepolisian kini sedang memburu Ketua Panitia Tangerang Lentera Festival, Muhammad Dian Permana, yang diduga membawa kabur uang untuk melunasi pembayaran adminstrasi pihak vendor dan artis. []

Putri Aulia Maharani

Kasus Nasional