Prabowo Siap Teruskan Pembangunan IKN yang Dicanangkan oleh Jokowi

Prabowo Siap Teruskan Pembangunan IKN yang Dicanangkan oleh Jokowi

JAKARTA – Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyatakan dirinya bakal melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Sebagaimana dilansir dari DetikFinance, dia menegaskan mega proyek perpindahan ibu kota yang dibesut Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini tidak akan berhenti. Prabowo mengatakan dirinya bertekad melanjutkan pembangunan IKN, bahkan bila mampu akan diselesaikan. Menurutnya, Jokowi sudah mengambil langkah penting bersejarah dan dirinya akan melanjutkan.

“Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan, kalau bisa menyelesaikan ya. Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah, beliau yang inisiasi,” beber Prabowo usai melakukan peninjauan Embung MBH di IKN bersama Jokowi dan jajaran Kabinet Indonesia Maju, Senin (12/8/2024).

Prabowo mengatakan dia menyadari pembangunan IKN bukan pekerjaan yang sebentar. Maka dari itu minimal dirinya akan melanjutkan pekerjaan yang ada bila tidak mampu menyelesaikannya secara penuh. Namun Prabowo sendiri yakin selama 3-5 tahun ke depan fungsi Kota Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia dapat berjalan dengan sangat baik.

“Minimal saya lanjutkan, kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan. Walaupun ya kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat. Tapi saya percaya dalam 3, 4, dan 5 tahun lagi fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya,” tegas Prabowo.

Ketika ditanya apakah dirinya akan berkantor di Nusantara setelah resmi diangkat jadi presiden, Prabowo bilang bila memang IKN sudah ditetapkan jadi ibu kota secara resmi pasti dia akan berkantor di sana. Dia menilai pada dasarnya seorang presiden memang harus berkantor di ibu kota negara. “Kalau ibu kota ya, Presiden ada di ibu kota,” tegas Prabowo sambil memberikan senyum simpul. []

Putri Aulia Maharani

Breaking News Nasional