Setelah Satu Dekade, Ilmuwan Akhirnya Temukan Pesawat MH370 yang Hilang

Setelah Satu Dekade, Ilmuwan Akhirnya Temukan Pesawat MH370 yang Hilang

JAKARTA – Ilmuwan Australia Vincent Lyne mengklaim telah memecahkan misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 sejak beberapa tahun lalu. Sebagaimana dilansir dari CNBC Indonesia, Ia mengatakan lokasi pesawat tenggelam di perairan Samudra Hindia.

Lyne yang merupakan periset tambahan di Institute for Marine and Antarctic Studies di University of Tasmania mengumumkan penemuannya di LinkedIn dengan judul postingan ‘Mystery of MH370 Solved by Science’ (Misteri MH370 Dipecahkan Sains).

Ia menjelaskan teori yang mendukung kesimpulannya terkait lokasi pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014 tersebut. Teorinya berpusat pada lubang sedalam 20.000 kaki di Broken Ridge, yakni dataran besar di dasar Samudra Hindia bagian tenggara, dikutip dari Newsweek, Rabu (28/8/2024). Menurut dia, sang pilot Zaharie Ahmad Shah, sengaja menerbangkan pesawat di area remot bawah laut yang terpencil dan terjal. Manurut Lyne lanskap lokasi tersebut ‘sempurna’ sebagai tempat ‘menghilangkan’ pesawat.

“Temuan ini mengubah narasi hilangnya MH370,” kata Lyne. Malaysia Airlines MH370 Sedikit Lagi Ditemukan, Ini Keterangan Ahli Ia yakin kecelakaan MH370 bukan hasil dari habisnya bahan bakar, tetapi kelalaian dalam kalkulasi dan kontrol pesawat.

Lebih lanjut, ia mengklaim penemuan lokasi MH370 berasal dari persimpangan garis bujur Bandara Penang dengan jalur penerbangan dari simulator pilot. Rute itu sebelumnya dianggap “tidak relevan” oleh FBI dan penyelidik lainnya, kata Lyne.

“Lokasi itu perlu diverifikasi sebagai prioritas tinggi,” kata Lyne. “Soal akan dicari lebih lanjut atau tidak terserah petugas dan perusahaan pencarian. Namun, menurut sains, kita tahu kenapa pencarian sebelumnya gagal,” Lyne melanjutkan.

Penemuan Lyne diumumkan pasca 10 tahun MH370 hilang dengan membawa 239 penumpang dan awak pesawat dengan rute Kuala Lumpur ke Beijing. Tim pencarian sudah melakukan penyelidikan sejauh 120.000 kilometer persegi area Samudra Hindia. Namun, tak ditemukan tanda-tanda puing pesawat atau keberadaan pesawat. Hal ini menjadi misteri yang tak terpecahkan selama bertahun-tahun.[]

Putri Aulia Maharani

Breaking News Nasional