Anies Baswedan Siap Bentuk Partai Baru untuk Perubahan

Anies Baswedan Siap Bentuk Partai Baru untuk Perubahan

JAKARTA — Mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan membentuk ormas atau partai baru setelah dirinya tidak lagi terlibat dalam kontestasi Pilkada 2024. Sebagaimana dilansir dari Solopos.com, Anies mengatakan, dorongan membuat partai muncul lantaran dia melihat banyak masyarakat yang menginginkan sistem demokrasi yang setara dan membangun.

Dia juga melihat banyak masyarakat yang mulai resah akan banyaknya kepentingan elite politik tertentu. “Bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu jadi sebuah kekuatan diperlukan jadi gerakan maka membangun ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh,” kata Anies dalam video yang disiarkan dalam akun Youtubenya, Jumat (30/8/2024).

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat Anies akan membuat partai untuk mewadahi semangat masyarakat tersebut. Anies tidak menyebut kapan persisnya dia akan membangun ormas ataupun partai politik tersebut. Anies Baswedan mengatakan dirinya enggan masuk ke partai politik karena seluruh kubu saat ini sedang disandera oleh kekuasaan.

“Kalau masuk partai, pertanyaannya partai mana yang sekarang tidak tersandera kekuasaan? Jangankan dimasuki, mencalonkan saja terancam,” kata Anies seperti dikabarkan Antara. Walau demikian, Anies tidak menyebut secara rinci partai politik mana saja yang dia nilai telah tersandera kekuasaan.

Anies melanjutkan, fenomena tersebut telah dia temui selama dia melewati masa kontestasi Pilpres hingga Pilkada 2024. Karenanya, dia memilih untuk tidak masuk partai agar tidak terikat oleh kekuasaan. Dengan demikian, dia dapat bersikap lebih independen.

“Agak berisiko juga bagi yang mengusulkan, jadi ini adalah sebuah kenyataan,” kata Anies. Karenanya, dia memilih untuk tidak masuk partai agar tidak terikat oleh kekuasaan. Dengan demikian, dia dapat bersikap lebih independen.“Agak berisiko juga bagi yang mengusulkan, jadi ini adalah sebuah kenyataan,” kata Anies. []

Putri Aulia Maharani

Breaking News Nasional