Kronologi Perpanjangan Waktu: Dari 6 Menit Menjadi 11 Menit di Pertandingan Bahrain vs Indonesia

Kronologi Perpanjangan Waktu: Dari 6 Menit Menjadi 11 Menit di Pertandingan Bahrain vs Indonesia

JAKARTA, Duel Bahrain melawan Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir dengan kontroversi karena keputusan yang diambil oleh wasit Ahmed Al Kaf. Sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, Berikut kronologi menit-menit akhir laga Bahrain vs Indonesia.

Pertandingan ini memang berlangsung penuh drama. Drama yang terjadi semakin tinggi saat Timnas Indonesia berupaya keras untuk mempertahankan keunggulan 2-1 atas tuan rumah.

Pada menit ke-90, wasit Ahmed Al Kaf memberikan pelanggaran kepada Bahrain setelah Witan Sulaeman yang baru masuk melanggar Mohamed Marhoon di dekat area kotak penalti Indonesia.

Tak lama berselang, ofisial keempat mengangkat papan elektronik untuk memberitahukan ada tambahan waktu selama enam menit. Jika mengacu hitung-hitungan CNNIndonesia.com tambahan waktu yang diberikan seharusnya mencapai delapan menit karena banyak peristiwa terjadi di babak kedua.

Tambahan waktu enam menit ini tidak digabungkan dengan waktu yang terhenti karena pelanggaran Witan. Ada sekitar 2 menit 9 detik laga berhenti hingga wasit memberikan instruksi kepada Marhoon untuk melakukan tendangan bebas.

Setelah eksekusi Marhoon gagal, laga terus berjalan. Timnas Indonesia bahkan langsung mendapatkan momentum serangan balik yang bisa digagalkan pertahanan Bahrain.

Pertandingan terus berlanjut hingga masa injury time enam menit habis. Wasit belum juga meniup peluit ditengarai karena menghitung waktu yang terbuang saat Witan melakukan pelanggaran.

Kemenangan di depan mata Timnas Indonesia pada akhirnya buyar saat waktu pertandingan menunjukkan 98 menit 41 detik atau 2 menit 41 detik di luar masa injury time babak kedua yang diberitahukan ofisial keempat. Marhoon mencetak gol keduanya sekaligus membuat skor jadi 2-2.

Jumlah waktu ini sebenarnya jauh lebih banyak dari waktu pelanggaran Witan yang membuat laga terhenti selama 2 menit 9 detik.

Gol Bahrain memicu protes dari kubu Timnas Indonesia yang berlangsung selama 1 menit 51 detik. Protes ini diwarnai kartu merah untuk manajer Timnas Indonesia, Sumardji.

Namun, waktu yang terbuang ini tidak dihitung oleh Ahmed Al Kaf. Wasit asal Oman itu langsung meniup peluit panjang tidak lama setelah Timnas Indonesia melakukan kick off usai kebobolan dan laga berakhir pada menit ke-111.[]

Putri Aulia Maharani

Hotnews Nasional Serba-Serbi