Negara-Negara Teluk Lobi Amerika untuk Hentikan Serangan Israel ke Lokasi Minyak Iran, Tutup Wilayah Udara

Negara-Negara Teluk Lobi Amerika untuk Hentikan Serangan Israel ke Lokasi Minyak Iran, Tutup Wilayah Udara

DUBAI – Negara-negara Teluk melobi Washington, Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan Israel menyerang lokasi minyak Iran. Sebagaimana dilansir dari Okezone.com, Mereka khawatir fasilitas minyak mereka sendiri dapat diserang oleh proksi Teheran jika konflik meningkat.

Sebagai bagian dari upaya mereka untuk menghindari terjebak dalam baku tembak, negara-negara Teluk termasuk Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar juga melarang Israel terbang di atas wilayah udara mereka untuk serangan apa pun terhadap Iran. Menurut tiga sumber yang dekat dengan lingkaran pemerintah hal ini telah disampaikan ke ke Washington.

Israel telah berjanji Iran akan membayar serangan rudalnya minggu lalu sementara Teheran mengatakan setiap pembalasan akan ditanggapi dengan kehancuran besar. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan perang yang lebih luas di wilayah tersebut yang dapat merugikan Amerika Serikat.

Langkah-langkah oleh negara-negara Teluk itu muncul setelah dorongan diplomatik oleh Iran Syiah non-Arab untuk membujuk tetangga-tetangganya di Teluk yang Sunni untuk menggunakan pengaruh mereka dengan Washington di tengah meningkatnya kekhawatiran Israel dapat menargetkan fasilitas produksi minyak Iran.

Selama pertemuan minggu ini, Iran memperingatkan Arab Saudi bahwa mereka tidak dapat menjamin keamanan fasilitas minyak kerajaan Teluk itu jika Israel diberi bantuan dalam melakukan serangan.

“Iran telah menyatakan: ‘Jika negara-negara Teluk membuka wilayah udara mereka untuk Israel, itu akan menjadi tindakan perang,” terang Ali Shihabi, seorang analis Saudi yang dekat dengan istana kerajaan Saudi.

Diplomat itu mengatakan Teheran telah mengirim pesan yang jelas kepada Riyadh bahwa sekutunya di negara-negara seperti Irak atau Yaman mungkin akan menanggapi jika ada dukungan regional untuk Israel terhadap Iran.

Sumber-sumber Teluk dan Iran mengatakan serangan potensial Israel menjadi fokus pembicaraan pada Rabu (9/10/2024) antara penguasa de facto Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi, yang sedang dalam tur Teluk untuk menggalang dukungan.[]

Putri Aulia Maharanj

Hotnews Internasional