Diikuti PPK dan PPS, KPU Kukar Gelar Bimtek Sirekap

Diikuti PPK dan PPS, KPU Kukar Gelar Bimtek Sirekap

Tenggarong, Guna memastikan proses rekapitulasi suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 melalui sistem digitalisasi berjalan dengan akurat dan transparan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). Bimtek yang pembukaannya dilaksanakan di Hotel Grand Elty Singgasana, Tenggarong, Jum’at, (11/10/2024) itu diikuti oleh 494 peserta, terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kukar. Kegiatan itu sendiri dijadwalkan berlangsung dari tanggal 10 sampai dengan 12 Oktober 2024.

Komisioner KPU Kukar Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Purnomo menjelaskan, kegiatan itu diadakan agar para peserta Bimtek, baik PPK maupun PPS dapat lebih mengetahui serta mengenal lebih dalam tentang Sirekap. Serta untuk meningkatkan transparansi dalam proses rekapitulasi suara.  “Kami dari KPU Kukar mengundang dari PPK dan juga PPS dari masing-masing daerah, baik dari kecamatan serta kelurahan dan desa, untuk mengikuti Bimtek ini. Tujuannya adalah untuk mengenalkan Sirekap dengan lebih detail dan mendalam,” jelasnya.

Dia mengatakan, usai pelaksanaan bimtek yang dilakukan secara hybrid, baik daring maupun luring, untuk tahapan selanjutnya akan dilakukan Bimtek Penghitungan Suara. Kegiatan ini akan dipimpin langsung oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Rahman.  “Untuk tahapan selanjutnya, setelah ini nanti selesai, akan dilaksanakan Bimtek Pemungutan Suara, yang dipimpin oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Rahman. Selanjutnya, akan dilanjutkan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), setelah tanggal 7 November 2024,” ungkapnya.

Kegiatan serta tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh KPU Kukar ini adalah untuk memastikan, agar pelaksanaan Pilkada serentak 2024 dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Serta, yang takkala penting adalah pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan transparan dan akurat. *

Penulis: Rudi Harahap

Advertorial KPU Kukar