Kapolri Serahkan Medali Loka Praja Samrakshana ke Jokowi: Penghormatan Tertinggi dari Institusi Polri

Kapolri Serahkan Medali Loka Praja Samrakshana ke Jokowi: Penghormatan Tertinggi dari Institusi Polri

DEPOK – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan Mendali Loka Praja Samrakshana ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagaimana dilansir dari Okezone.com, Penyerahan tersebut berlangsung dalam Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Adapun proses penyematan mendali dan apel digelar di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Listyo mengatakan bahwa penyematan mendali sebagai bentuk penghormatan institusi atas sumbangsih terhadap institusi Polri.

“Di kegiatan apel kesiapan pengamanan ini, kita memberikan penghormatan pada Bapak Presiden dengan menyematkan kepada beliau Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana, di mana ini adalah bentuk penghormatan institusi terkait dengan sumbangsih beliau yang luar biasa terhadap institusi Polri,” ujarnya.

“Sehingga kami bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugas pokok kami, melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan melakukan penegahan hukum,” imbuh Listyo usai kegiatan.

Dari informasi yang dihimpun, medali tersebut merupakan bentuk apresiasi Polri kepada Jokowi yang dinilai berperan besar dalam pengembangan organisasi Korps Bhayangkara.

Sebelumnya, dalam apel tersebut Presiden Jokowi yang hadir ditemani Presiden Terpilih Prabowo Subianto tiba sekitar pukul 08.31 WIB. Nampak Presiden Jokowi mengenakan setelan jas berwarna hitam.

Jokowi dan Prabowo yang sama-sama mengenakan Baret Brimob, nampak menaiki kendaraan taktis maung saat menuju lapangan apel. Dibelakangnya ikut serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sejumlah menteri kabinet hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Polhukam Hadi Tjahjanto.[]

Putri Aulia Maharani

Breaking News Hotnews Nasional