Jorge Martin Menangkan Sprint Race MotoGP Australia, Perbesar Keunggulan atas Bagnaia

Jorge Martin Menangkan Sprint Race MotoGP Australia, Perbesar Keunggulan atas Bagnaia

AUSTRALIA – Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin, tampil dominan di sprint race MotoGP Australia 2024 yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (19/10/2024). Sebagaimana dilansir dari Espos.id, Kemenangan ini semakin memperlebar jarak Martin dengan juara dunia bertahan, Francesco Bagnaia, yang kini selisihnya menjadi 16 poin di klasemen sementara MotoGP 2024.

Mengawali balapan dari pole position, Martin, yang dikenal dengan julukan Martinator, berhasil mempertahankan posisinya sepanjang balapan tanpa ada tekanan berarti dari lawan-lawannya. Ia bahkan mengalahkan Marc Marquez dari Gresini Racing, yang harus puas finis di posisi kedua. Enea Bastianini dari Ducati Lenovo menempati podium ketiga, sementara Bagnaia harus puas di posisi keempat.

“Saya sangat senang. Perasaan ini mirip dengan musim lalu, tapi kali ini lebih baik,” ujar Jorge Martin dikutip dari Crash.net.

Martin juga mengomentari performa apik Marc Marquez dalam balapan ini. Ia mengakui bahwa Marquez memiliki kecepatan yang setara, namun kurang beruntung di awal balapan sehingga harus puas di urutan kedua.

“Besok [balapan utama] akan lebih sulit, tapi untuk hari ini saya akan menikmatinya,” tambah Martin.

Pada balapan sprint tersebut, Marquez sempat terganggu oleh manuver Martin di tikungan pertama, yang membuatnya harus melorot ke posisi kedelapan sebelum akhirnya berhasil memperbaiki posisinya hingga finis di tempat kedua.

Di sisi lain, Francesco Bagnaia sempat naik ke posisi tiga setelah menyalip Maverick Vinales dari Aprilia Racing, namun akhirnya harus merelakan posisinya diambil alih oleh Marquez dan rekan setimnya, Bastianini. Bagnaia berjuang keras untuk mengejar, namun kedua rivalnya semakin jauh di depan, membuatnya harus puas finis di posisi keempat.

Dengan hasil sprint race ini, Francesco Bagnaia tetap berada di posisi kedua klasemen sementara MotoGP 2024 dengan 388 poin. Sementara Jorge Martin kini mengemas total 404 poin, memperlebar selisih menjadi 16 poin.[]

 

Putri Aulia Maharani

Internasional Serba-Serbi