Jadi Menteri di Kabinet Merah Putih, Cak Imin Sebut Anies Baswedan Memberikan Dukungan Penuh

Jadi Menteri di Kabinet Merah Putih, Cak Imin Sebut Anies Baswedan Memberikan Dukungan Penuh

JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan Anies Baswedan mendukung penuh dirinya menjadi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebagaimana dilansir dari Tempo.co,  Prabowo menunjuk Cak Imin menjadi Menteri Koordinator (Menko) Pemberdayaan Masyarakat di Kabinet Merah Putih.

Cak Imin mengungkapkan hal itu di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Ahad malam, 20 Oktober 2024, ketika ditanya jurnalis soal hasil pertemuan empat mata dengan Anies setelah pelantikan Prabowo-Gibran.

“Ya, tadi siang kita makan siang setelah pelantikan. Ya sudah, lama nggak ketemu ya, reunian,” kata Cak Imin seperti dikutip dari Antara.

Ketika ditanya secara spesifik pesan Anies kepadanya dalam pertemuan itu, Cak Imin menuturkan Anies memberi dukungan penuh bagi kariernya di pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Ya dia, Mas Anies, dukung sepenuhnya langkah-langkah saya, langkah-langkah PKB dalam berjuang di politik dan pemerintah,” kata Cak Imin.

Dia menyebutkan akan menitipkan seluruh program yang didesain bersama Anies saat pemilihan presiden atau Pilpres 2024 kepada Prabowo. “Ya, pokoknya semua program kita titipkan pada Pak Prabowo,” ujarnya.

Cak Imin menjadi calon wakil presiden pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mendampingi calon presiden Anies Baswedan. Anies-Muhaimin diusung oleh Nasdem. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Keadilan Sejahtera yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Anies-Muhaimin menempati urutan kedua dengan perolehan 40.971.906 suara atau 24,95 persen dari suara sah.

Cak Imin Traktir Anies Makan Siang setelah Pelantikan Prabowo

Sebelumnya, Anies mengunggah foto makan siang bersama Cak Imin di media sosialnya setelah menghadiri pelantikan Prabowo-Gibran pada Ahad, 20 Oktober 2024.

Lewat akun Instagram-nya, Anies mengunggah foto berhadapan dengan Cak Imin dengan makanan tersaji. Anies didampingi istrinya, Fery Farhati. Cak Imin juga didampingi istrinya, Rustini Murtadho.

“Makan siang bareng @cakiminow habis acara pelantikan. Traktiran yang sudah pekerjaan baru. :),” tulis Anies dalam keterangan foto Instagram-nya pada Ahad, 20 Oktober 2024.

Anies menghadiri prosesi pelantikan presiden pada Ahad, 20 Oktober 2024. Berdasarkan siaran langsung pelantikan presiden yang ditayangkan melalui YouTube DPR RI, Anies terlihat menyalami istri dari Presiden Joko Widodo, yakni Iriana. Dalam siaran tersebut, terlihat tempat duduk Anies berdekatan dengan Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).[]

Putri Aulia Maharani

Nasional