Kemiskinan Jadi Fokus Reformasi Birokrasi Pemprov Kaltim

Kemiskinan Jadi Fokus Reformasi Birokrasi Pemprov Kaltim

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melaksanakan kegiatan Pengembangan Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan Timur. Salah satu yang menjadi fokus penanganan reformasi birokrasi pemerintah ialah pengentasan kemiskinan.

Tema yang diangkat “Sinergitas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tematik dalam Optimaslisasi Pengentasan Kemiskinan di Kalimantan Timur”, kegiatan ini digelar di ballroom Cyrstal Hotel Mercure, Samarinda (05/06/2023), dihadiri oleh Sekretaris Daerah dan kepala Perangkat Daerah di lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten kota se-Kalimantan Timur.

Tujuan dari kegiatan ini diharapkan mampu menambah pengetahuan yang bersifat aktual dan strategis dalam mendukung program pemerintah untuk menekan angka kemiskinan terutama di wilayah Kalimantan Timur. Kepala BPSDM Kaltim Nina Dewi menekankan bahwa reformasi birokrasi harus berdampak secara langsung kepada masyarakat, hal ini sejalan dengan penjabaran arahan Presiden Jokowi yang salah satunya menegaskan tentang pentingnya birokrasi dalam pengentasan kemiskinan.

Untuk mempertajam komitmen dan dukungan pemerintah daerah dalam implementasinya, kegiatan ini menghadirkan Eko Prasojo Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah Reformasi Birokrasi dan Kamruddin selaku narasumber.

Mewakili Gubernur Sekdaprov Kaltim mengungkapkan bahwa dipilihnya pengentasan kemiskinan menjadi fokus kerja pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Kaltim karena walaupun angka kemiskinan di Kaltim dibawah angka nasional namun data menunjukkan ada peningkatan angka kemiskinan tingkat perdesaan dan perkotaan meningkat.

Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Persentase penduduk miskin di Provinsi Kalimantan Timur pada September 2022 naik menjadi 6,44 persen. Pengentasan kemiskinan dilakukan secara bersama-sama, bukan hanya pemerintah daerah namun juga menggandeng para mitra pembangunan untuk turut berperan dalam program pengentasan kemiskinan.

Penulis: Rosmi Rahma| Penyunting: Fajar Hidayat  

Berita Daerah Headlines