Bertepatan Peringatan HTR di Kaltim, Pembaharuan SIMTARU Diluncurkan

Bertepatan Peringatan HTR di Kaltim, Pembaharuan SIMTARU Diluncurkan

ADVERTORIAL – Sistem Informasi Manajemen Penataan Ruang (SIMTARU) adalah aplikasi yang telah lama dikembangkan untuk mengetahui tata ruang suatu daerah, termasuk di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Di dalamnya terdapat informasi peta tematik tentang tata ruang. Pada peringatan Hari Tata Ruang Nasional (HTRN) Tahun 2023 di Kaltim, pembaharuan SIMTARU diluncurkan.

Kepala Dinas PUPR-Pera Kaltim Aji Fitra Firnanda menyampaikan SIMTARU merupakan aplikasi berbasis website yang dapat diakses oleh masyarakat, pelaku usaha, investor, atau pihak lain yang membutuhkan data tata ruang di Kaltim. Aplikasi tersebut menggunakan sistem GIS (Geographic Information System) yang dapat menampilkan data spasial dan non spasial secara interaktif. “Acara ini merupakan puncak peringatan Hari Tata Ruang Nasional sekaligus momen peluncuran SIMTARU yang telah mengalami pembaruan signifikan,” kata Aji Fitra Firnanda dalam kegiatan yang digelar di halaman Kantor Dinas PUPR-Pera Kaltim Jalan Tengkawang, Samarinda, Jumat (10/11/2023).

Dia menjelaskan, sejak 2019 Dinas PUPR-Pera Kaltim telah memiliki SIMTARU sebagai aplikasi berbasis website. SIMTARU berfungsi sebagai sumber informasi terkait perencanaan, pemanfaatan, dan pengendalian tata ruang wilayah. Firnanda menjelaskan bahwa SIMTARU terus diperbarui dan diinovasi untuk memudahkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan tata ruang dan sebagai sarana keterbukaan informasi publik.

Fitur terbaru mencakup pembaruan layanan peta, kemudahan pencarian katalog peta, desain yang lebih modern, tampilan yang ramah pengguna, dan adanya fasilitas call center. Kadis PUPR-Pera Kaltim juga memberikan apresiasi, kesediaan dan terima kasih kepada semua peserta, nara sumber yang berpartisipasi dalam diskusi tersebut. “Hari ini, SIMTARU hadir dengan peningkatan basis data dan pengembangan katalog peta,” kata Aji Fitra Firnanda . (ADV/AJS/DISKOMINFO)

Advertorial Berita Daerah Diskominfo Kaltim