18 Desa Di Tenggarong Seberang Dapat Bantuan Kendaraan Bak Sampah Dari Bupati Kukar

18 Desa Di Tenggarong Seberang Dapat Bantuan Kendaraan Bak Sampah Dari Bupati Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, memberikan bantuan kendaraan bak pengangkut sampah (Viar) kepada 18 Desa di Kecamatan Tenggarong Seberang. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Halaman Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Tenggarong Seberang pada, Kamis (16/11/2023).

Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono mengatakan bahwa bantuan bantuan ini diberikan Bupati yang dilimpahkan kepada Camat, terkait dengan masalah penanganan lingkungan dan kebersihan. “Maka kami dari Kecamatan mengalokasikan 17 unit dari 18 desa, cuma 17 saja karena satu Desa Embalut sudah duluan dari dapat dari DLHK Kukar beberapa waktu lalu. Jadi di 17 unit saat ini, dan kami beli dengan e-catalog senilai Rp 600 juta lebih untuk 17 desa,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa berdasarkan arahan Bupati, pihak Kecamatan harus membuat standar operasional prosedur terkait pelayanan ini, karena ini diserahkan kepada Desa nanti bagaimana sop yang terkait bahan bakarnya dan penggajihan.

Harapannya karena ini termasuk pendukung untuk IKN, bahwa masalah penanganan sampah Tenggarong Seberang luar biasa. Minimal dengan adanya ini kami bisa mengurangi sampah itu sebanyak 30%. Dan untuk penanganan sampah kami serahkan di penggiat pembersih sampah yang ada di tiap desa, Jadi mereka mengurai kemudian dinaikkan ke armada pembuangan sampah.” ungkapnya.

Sementara Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari program Desa Ramah Lingkungan dan Program Kukar Peduli Lingkungan. Ia berharap kepala desa dapat membentuk organisasi di masing-masing desa untuk mengelola dan menangani sampah secara baik.

Bupati juga menekankan bahwa Program ini mengedepankan peran aktif masyarakat dan penggiat pembersihan sampah di setiap desa untuk mengelola dan mengurangi sampah dengan lebih efektif “Program ini saya harapkan dapat membantu masyarakat dalam pengelolaan sampah yang ramah lingkungan,” ucapnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Berita Daerah Pemkab Kutai Kartanegara