Dukung Program K3F, Kecamatan Tabang Gelar Festival Masyarakat Adat Budaya

Dukung Program K3F, Kecamatan Tabang Gelar Festival Masyarakat Adat Budaya

KUTAI KARTANEGARA – Kecamatan Tabang berencana menyelenggarakan Festival Masyarakat Adat Budaya di Desa Buluk Sen pada akhir November 2023. Kegiatan tersebut sebagai dukungan terhadap program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk mengangkat eksistensi kekayaan budaya leluhur di Tabang, terutama suku Dayak.

Pada festival ini, tidak hanya akan ditampilkan kebudayaan lokal dari Tabang, tetapi juga dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Sulawesi, dan Sumatera. “Hal ini sebagai bentuk keragaman budaya yang ingin dijaga dan dilestarikan,” jelasnya, (22/11/2023)

Rakhmadani menekankan bahwa festival ini menjadi wadah bagi masyarakat adat besar di Tabang untuk menampilkan kekayaan budayanya. Selain itu, festival ini juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dengan harapan partisipasi dari suku-suku lain, festival ini menjadi upaya bersama dalam melestarikan dan mengenalkan keberagaman budaya di Indonesia. Panitia berharap Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, dapat hadir untuk membuka festival ini, “Mudah-mudahan Bupati berkenan hadir, karena kami berharap pak Bupati hadir untuk membuka festival,” pungkasnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Berita Daerah Pemkab Kutai Kartanegara